Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Rektor IPB Terkait Program Data Desa Presisi

Sabtu, 23 Januari 2021 – 11:11 WIB
Respons Rektor IPB Terkait Program Data Desa Presisi - JPNN.COM
Rektor IPB University Profesor Arif Satria secara simbolik menyerahkan hasil data desa presisi desa Pantai Bakti, Muaragembong, Bekasi kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharini di Kantor Desa Pantai Bakti, Jumat (22/1/2021). Foto: Dok. IPB

jpnn.com, BEKASI - Rektor IPB University Profesor Arif Satria secara simbolik menyerahkan hasil data desa presisi  desa Pantai Bakti, Muaragembong, Bekasi kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharini di Kantor Desa Pantai Bakti, Jumat (22/1/2021).

Arif menyatakan keakuratan data desa penting sebagai basis perencanaan desa. Hasil data ini salah satunya akan menjadi panduan Kementerian Sosial saat menyalurkan kebijakan bantuan sosial agar tepat sasaran.

“Semoga program data desa presisi ini dapat menjadi inspirasi bagi pembangunan nasional yang dimulai dari desa,” ujar Arif.

Kepala LPPM IPB University Dr. Ernan Rustiadi yang turut mendampingi, mengatakan, program data desa presisi merupakan bentuk bakti dan dukungan dari IPB University kepada masyarakat desa.

“LPPM IPB University bertugas mendukung penuh dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian termasuk diantaranya program Data Desa Presisi ini," ujar Ernan.

Menurutnya, data desa presisi mengombinasikan data numerik, data spasial dan peran teknologi serta partisipasi aktif masyarakat. “Sehingga kita tidak lagi berpolemik tentang berapa jumlah orang miskin, berapa yang putus sekolah, orang yang sakit dan lainnya," ujar Ernan.

Sementara itu, Kepala Desa Pantai Bakti Manan mengucapkan apresiasi atas dukungan penuh IPB University sehingga desanya bisa memiliki data desa presisi.

“Data ini menjadi impian kami dan saya yakin ini juga impian seluruh desa di Indonesia. Semoga  kita dapat manfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat desa," ujar Manan.

Data desa presisi mengombinasikan data numerik, data spasial dan peran teknologi serta partisipasi aktif masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close