Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Guru Segera Pensiun

Senin, 05 April 2010 – 08:07 WIB
Ribuan Guru Segera Pensiun - JPNN.COM
PONTIANAK- Kalimantan Barat terancam krisis guru. Diperkirakan pada tahun 2010-2011 ini, ribuan guru menjalani pesiun massal lantaran purna tugas sejak diangkat melalui Inpres di tahun 1970 lalu. Mengangkatan para guru yang serentak di tahun itu, menyebabkan masa pensiun mereka juga bakal bersamaan.

Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot mengatakan, kekurangan guru tersebut akan dialami sejumlah sekolah dasar (SD). "Di Landak, sedikitnya ada seribu guru yang segera memasuki masa pensiun," ujarnya. 

 

Dia berharap pemerintah pusat dapat memberikan solusi dari masalah ini misalnya dengan memperbanyak penyelenggaraan pendidikan guru SD (PGSD) dan mempermudah syarat menjadi guru. Syarat bahwa guru harus berpendidikan strata satu sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinilainya cukup memberatkan.

Menanggapi fenomena tersebut, Gubernur Kalbar Cornelis meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk mendata secara benar jumlah guru yang pensiun di tahun 2010 dan 2011 nanti. "Pendataan ini agar mengetahui dengan pasti jumlah guru yang dibutuhkan jika mereka pensiun. Sehingga bisa diusulkan kepada pemerintah pusat," kata Cornelis.

PONTIANAK- Kalimantan Barat terancam krisis guru. Diperkirakan pada tahun 2010-2011 ini, ribuan guru menjalani pesiun massal lantaran purna tugas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close