Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ridwan Kamil: Banyak Sumber Dana untuk Membiayai Pembangunan

Kamis, 26 September 2019 – 23:58 WIB
Ridwan Kamil: Banyak Sumber Dana untuk Membiayai Pembangunan - JPNN.COM
Ridwan Kamil memimpin Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Hotel Pantai Indah Timur Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9). Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar/Antara

jpnn.com, PANGANDARAN - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengumpulkan kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Kabupaten Pangandaran dalam acara Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) Edisi ke-3, Kamis (26/9).

Sejumlah kepala daerah tingkat dua seperti Wali Kota Bandung Oded M Danial, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Bupati Bandung Barat Aa Umbara, Bupati Pangandaran Jeje Wiriadinata tanpak hadir dalam acara tersebut.

Emil berharap Kopdar edisi ketiga ini bisa menjadi momentum para kepala daerah tingkat dua di Provinsi Jabar untuk menyampaikan aspirasinya kepada Pemprov Jabar.

"Jadi Kopdar ini kan dimensi koordinasinya banyak ya, rumitlah. Semoga bisa diapresiasi di zaman saya kan dirutinkan, saya lihat aura dari kepala daerah happy menandakan curhatan kemacetan selama ini diselesaikan satu per satu," kata dia.

Dia mengatakan, untuk lebih mudah mengklasifikasi permasalahan maka Kopdar akan digelar secara tematik dan pada pertemuan kali ini mengambil tema besar tentang keuangan daerah.

"Ke depan itu setiap per tiga bulan sekali akan dibahas sesuai tema. Tema kali ini keuangan dan pinjaman daerah. Nanti mungkin tentang standarisasi reformasi birokrasi dan lain-lain," kata dia.

Orang nomor di Pemprov Jabar ini menjelaskan ada delapan pintu atau sumber dana yang bisa dimanfaatkan pemerintah daerah sebagai sumber pembiayaan pembangunan.

Kedelapan sumber dana itu ialah APBD tingkat kota/kabupaten, APBD provinsi, APBN, pinjaman bank daerah, obligasi daerah, dana umat, CSR dan Public Private Partnership atau Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Melalui pertemuan ini Emil berharap bisa menjadi momentum para kepala daerah tingkat dua di Provinsi Jabar untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemprov.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close