Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Riset LD FEB UI, Mitra Driver Apresiasi Ekosistem GoJek Saat Pandemi

Rabu, 27 Mei 2020 – 18:41 WIB
Riset LD FEB UI, Mitra Driver Apresiasi Ekosistem GoJek Saat Pandemi - JPNN.COM
Ilustrasi Gojek. Foto: Gojek

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi corona yang berlangsung dalam tiga bulan terakhir tidak menyurutkan semangat gotong royong pekerja yang ada di ekosistem ekonomi digital.

Hal ini terlihat dari hasil survei terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) kepada 41.393 mitra pengemudi Gojek.

Survei tersebut mengungkapkan bahwa di tengah kondisi pandemi, baik perusahaan Gojek, mitra pengemudi maupun konsumen yang ada dalam satu ekosistem saling membantu. Survei menemukan mayoritas mitra pengemudi Gojek mendapatkan bantuan sosial dari pihak perusahaan Gojek (89%).

Selain itu mereka juga mendapatkan bantuan sosial dari konsumen (21%) dan dari sesama mitra (5%). Mitra driver juga mendapat bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19.

Survei Pengalaman Mitra Driver Gojek Selama Pandemi COVID-19 ini bertujuan menganalisis dampak tekanan ekonomi akibat pandemi terhadap pekerja informal, dan merupakan bagian dari riset LD FEB UI mengenai dampak sosial-ekonomi Gojek di Indonesia.

“Hasil riset ini sangat menarik, mengingat pekerja dan ekosistem Gojek sangat terdampak oleh pandemi dan pemberlakuan PSBB. Riset ini menunjukkan di tengah kesusahan yang sedang melanda akibat pandemi, bagian dari ekosistem Gojek masih bergotong royong membantu," ujar Wakil Kepala LD FEB UI Paksi Walandouw.

Bantuan sosial yang mengalir dari Gojek kepada mitra, dari konsumen ke mitra, bahkan antar mitra sangat dirasakan manfaatnya.

"Semangat saling membantu inilah yang kami lihat sebagai adanya sikap resiliensi, bahu-membahu membantu, sekaligus optimisme bahwa bencana bisa dilewati bersama," sebutnya.

loading...