Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Riset Nielsen Ungkap Perubahan Persepsi Publik terhadap Iklan, Ini 3 Poin Pentingnya

Senin, 24 Januari 2022 – 23:18 WIB
Riset Nielsen Ungkap Perubahan Persepsi Publik terhadap Iklan, Ini 3 Poin Pentingnya - JPNN.COM
Sosial media menjadi salah satu sarana iklan UMKM. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Nielsen telah meluncurkan Trust in Advertising Study 2021 tentang kepercayaan dalam periklanan secara global. Studi ini dirancang untuk mengungkap pendapat konsumen tentang berbagai jenis iklan secara global.

Salah satu temuan penting riset ini adalah iklan yang menggambarkan situasi kehidupan nyata menempati posisi teratas, khususnya dengan berbagai bumbu humor di dalamnya.

Di sebagian besar negara, karakteristik iklan yang paling penting adalah yang menggambarkan situasi kehidupan nyata. Iklan tersebut semakin menarik ketika ditambah bumbu-bumbu humor di dalamnya.

"Tertawa adalah hal yang sangat pokok bagi manusia dan memiliki kekuatan untuk memberi energi dan menambah keseruan pada keseharian kita. Tertawa mampu merekatkan hubungan sosial dan ikatan antarmanusia. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan kesehatan kita. Tidak mengherankan ketika humor dan situasi kehidupan nyata menjadi konten yang paling dekat dengan audiens," kata International Media Analytics Lead Nielsen, Cathy Heeley dalam keterngan yang diterima, Senin (24/1).

"Kami memandang bahwa iklan yang menyentuh hati terkait dengan esensi menjadi manusia akan tetap unggul dari jenis maupun topik iklan lainnya dan membantu kita mempertahankan audiens kita.”

Riset juga menemukan bahwa rekomendasi dari mulut ke mulut adalah cara yang paling sukses, dengan 88 persen orang sangat mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal.

Lebih dari 50 persen orang mempercayai saluran ini dibandingkan dengan saluran lainnya, seperti spanduk online dan iklan video yang ada di ponsel atau tablet, iklan SMS dan
iklan mesin pencari.

Bahkan, pengaruh dari buzzer atau influencer tidak seampuh teman dan keluarga, dengan hanya 71% orang cukup hingga sangat mempercayainya.

Nielsen telah meluncurkan Trust in Advertising Study 2021 tentang kepercayaan dalam periklanan secara global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close