Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Riset Terbaru Ungkap Covid-19 Bikin Sperma Stres, Kesuburan Pria Menurun

Sabtu, 30 Januari 2021 – 16:48 WIB
Riset Terbaru Ungkap Covid-19 Bikin Sperma Stres, Kesuburan Pria Menurun - JPNN.COM
Ilustrasi proses pembuahan oleh sperma. Ilustrasi: Telegraph

jpnn.com - Penyakit virus corona 2019 (Covid-19) ternyata tak hanya merusak organ dalam manusia, terutama paru-paru.

Sebuah penelitian terbaru dari Justus Liebig University (Universitas Giessen) di Jerman mengungkap bahwa virus pemicu pandemi itu juga merusak sperma serta menyebabkan kemandulan pada pria.

Temuan tentang Covid-19 menyebabkan kemandulan itu terungkap dari penelitian di Jerman yang dipublikasikan di jurnal Reproduksi.

Riset yang berlangsung selama 60 hari itu menganalisis sel sperma pada 84 pria terjangkiti Covid-19 yang dibandingkan dengan mani dari 105 lelaki sehat.

Ternyata sel sperma pada 84 pria subur terjangkiti virus corona itu mengalami peningkatan stres lebih dari 100 persen. Studi tersebut juga mengungkap bahwa bentuk sel sperma berubah hingga 400 persen sehingga menyebabkan kesulitan dalam pembuahan.

"Efek-efek ini pada sel sperma berkaitan dengan kualitas sperma dan penurunan potensi kesuburan," ujar Behzad Hajizadeh Maleki selaku ketua tim peneliti.

Maleki menambahkan, sekalipun efek itu cenderung meningkat dari waktu ke waktu tetapi kerusakan sel sperma dan potensi kemandulan tersebut tetap secara signifikan lebih tinggi pada pasien Covid. "Ukuran perubahan ini juga berkaitan dengan tingkat keparahan penyakit," tuturnya.

Namun, Prof Allan Pacey dari University of Sheffield meragukan penelitian itu. Sebab, studi itu hanya berlangsung 60 hari.

Sebuah penelitian di sebuah universitas di Jerman mengungkap efek penyakit virus corona 2019 atau Covid-19 terhadap sel sperma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close