Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ristek Alami Kemunduran, LaNyalla Tuntut Political Will Pemerintah

Selasa, 20 April 2021 – 23:37 WIB
Ristek Alami Kemunduran, LaNyalla Tuntut Political Will Pemerintah - JPNN.COM
Ketua DPR RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyoroti kemunduran pembangunan riset dan teknologi di Tanah Air. Foto: humas DPD RI

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPR RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyoroti kemunduran pembangunan riset dan teknologi (Ristek) yang tengah dialami Indonesia. Dia bahkan menilai pemerintah kurang merespon dengan baik kemajuan dan kehidupan modern.

LaNyalla juga menilai lembaga ristek kurang memiliki eksistensi dalam karya-karya nyata. Padahal, ristek sesungguhnya memiliki peranan penting dalam pembangunan Indonesia.

"Lembaga ristek keberadaannya kurang memiliki eksistensi dalam karya-karya yang mampu membawa Indonesia menjadi negara maju. Sedangkan pembangunan yang baik melalui suatu riset yang memiliki validitas," kata LaNyalla dalam keterangannya di Surabaya, Selasa (20/4).

Untuk mengejar ketertinggalan terkait riset dan teknologi, mantan Ketua Umum PSSI itu menuntut political will pemerintah guna memperkuat lembaga ristek yang ada.

“Ketertinggalan tersebut harus didukung dengan komitmen yang kuat dari pemerintah. Harus dibangun political will untuk menguatkan lembaga riset dan teknologi serta pengembangannya, termasuk target sasaran yang ingin dicapai,” tutur alumnus Universitas Brawijaya Malang itu.

Senator Dapil Jawa Timur (Jatim) itu mengatakan jika Indonesia ingin beranjak menjadi negara maju, maka salah satu indikatornya adalah adanya lembaga ristek yang mumpuni.

Sebab, katanya, negara-negara yang berdaulat dalam teknologi akan mampu mengaplikasikannya dalam berbagai bidang dan sektor berdasarkan riset.

"Setelah ada riset lalu action dan menghasilkan teknologi tepat guna. Kita akan mampu menjadi negara modern asal Ristek diperbarui dan kembali dikembangkan,” tegas LaNyalla.

Ketua DPR RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyoroti kemunduran pembangunan riset dan teknologi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close