Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Robot Kreatif Tim Garuda Muda 2 Indonesia Menang di Ajang Internasional

Selasa, 06 Agustus 2019 – 17:53 WIB
Robot Kreatif Tim Garuda Muda 2 Indonesia Menang di Ajang Internasional - JPNN.COM
Tim Garuda Muda 2 Indonesia saat menunjukkan robot sistem irigasi kepada juri International Youth Robotic Competition 2019 Korea Selatan. Foto: Istimewa/Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Tim Garuda Muda 2 Indonesia berhasil mencetak prestasi di tingkat internasional. Tim yang terdiri siswa SD ini berhasil meraih juara ketiga dalam kategori robot kreatif pada ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) 2019 di Daejeon, Korea Selatan, 2-3 Agustus 2019 lalu. Juara 1 diraih Thailand dan Juara 2 India.

Prestasi itu berkat hasil karya kreatif mereka yakni, robot sistem irigasi yang diprogram untuk menyingkirkan sampah yang akan masuk ke area persawahan.

Prototype desain robot kreatif ini disiapkan oleh Muhammad Banyu Baskoro (11) dari Sekolah Alam Algiva Bogor, dan Nyoman Satria Wirya Naradhipa (10) dari Sekolah Dasar Taruna Sentul, bersama dua orang rekannya, Rakha Hanif Lutfirrahman (11) dan Alkhan Abdiela Hidayat (9) dari Tangerang.

BACA JUGA: TOP! Prestasi Siswa Indonesia Dalam Ajang International High Schools Arts Festival

Tim ini menang dalam kategori desain tim kreatif tingkat junior. Ide desain kreatif tersebut berangkat dari melihat Indonesia sebagai negara agraris yang cukup luas. Diperkirakan, sawah lebih dari sepuluh juta hektare. Sayangnya, sawah yang kekeringan terkadang menjadi penyebab banyak gagal panen di Indonesia.

Kendala lain, sampah yang mengambang melalui sistem irigasi juga menyebabkan banjir di hilir dan mencemari air. Berdasarkan itu, tim telah mencoba membuat prototipe sistem irigasi untuk menyelesaikan masalah.

Sistem robot irigasi ini bekerja berdasarkan sensor infra merah yang diletakkan di gerbang sampah, yang berguna mendeteksi datangnya sampah.

Sementara di gerbang area penampung air terdapat juga sensor yang mendeteksi saat air dalam kondisi kering dan basah. Sensor ini akan bekerja membuka gerbang air yang bersih dari sampah ketika area persawahan dalam kondisi kering.

Prototype desain robot kreatif ini disiapkan oleh siswa dari Bogor dan Tangerang yang tergabung Tim Garuda Muda 2 Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close