Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RSA Ikut Larang Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara

Senin, 05 Maret 2018 – 18:37 WIB
RSA Ikut Larang Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara - JPNN.COM
Kecelakaan di jalan Raya Bogor - Sukabumi pada Senin (10/7) yang diakibatkan oleh truk mengalami rem blong. Foto: Doni/Radar Bogor/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pro dan kontra muncul di masyarakat setelah pernyataan pihak kepolisian tentang aktivitas merokok dan mendengar musik ketika berkendara dapat dikenai sanksi hukum, atas dasar UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menanggapi itu, lembaga swadaya masyarakat pemerhati keselamatan jalan, Road Safety Association (RSA) Indonesia pun angkat suara.

Menurut mereka, segala aktivitas yang dilakukan tidak terkait langsung dengan kegiatan berkendara atau mengemudi, sangat berpotensi mengganggu bahkan mengurangi konsentrasi pengemudi saat berkendara.

“Segala hal diluar aktivitas berkendara berpotensi memecah konsentrasi berkendara, termasuk berponsel, makan dan minum saat berkendara, mendengarkan musik dan merokok pun berpotensi mengurangi konsentrasi berkendara,” tegas Ketua Umum RSA Indonesia, Ivan Virnanda saat dihubungi, Senin (5/3).

Aktivitas yang berpotensi mengganggu konsentrasi berkendara itu, Ivan menyebutnya sebagai kejadian “distracted driving”.

“Distracted driving terjadi karena konsentrasi pengendara terpecah akibat melakukan aktivitas lain selain berkendara,” tegasnya.

Ivan juga menekankan, dalam memahami aturan yang berlaku, tidak bisa dipahami secara parsial, RSA Indonesia, kata Ivan, sejak awal kerap menyosialisasikan apa yang mereka sebut sebagai “Segitiga RSA”.

“Pahami rules (aturan), miliki skills (keterampilan mengemudi) dan terpenting attitude (etika atau perilaku). Nah, kira-kira kalau kita berponsel, merokok, atau beraktivitas yang lain di luar berkendara, selain berisiko ngundang bahaya juga bagaimana soal etika?” jelasnya.

Road Safety Association (RSA) sepakat pelarangan aktivitas merokok dan mendengar musik ketika berkendara karena berpotensi mengganggu konsentrasi berkendara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close