Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rupiah Makin Tak Keruan, Fadli Zon Tuding Pemerintah Lepas Tangan

Jumat, 07 Agustus 2015 – 23:23 WIB
Rupiah Makin Tak Keruan, Fadli Zon Tuding Pemerintah Lepas Tangan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menuding Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro sengaja lepas tangan dengan terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Tudingan Fadli itu didasarkan pada pernyataan Bambang bahwa depresiasi kurs rupiah bukanlah tanggung jawab pemerintah.

"Menkeu bilang, depresiasi rupiah bukan tanggung jawab pemerintah. Pernyataan itu semakin mempertegas bahwa pemerintah ini tidak bertanggung jawab," kata Fadli di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Jumat (7/8).

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu semakin heran dengan sikap pemerintah dalam menghadapi terpuruknya rupiah. Sebab, katanya, sejumlah menteri bidang ekonomi justru membuat pernyataan bahwa perekonomian Indonesia masih dalam posisi aman.

"Di mana amannya? Dari Rp 9.000 menjadi Rp 13.500 per dolar Amerika Serikat?" sindirnya.

Rupiah Makin Tak Keruan, Fadli Zon Tuding Pemerintah Lepas Tangan

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Foto: dokumen JPNN

Karenanya Fadli mendesak pemerintah untuk segera mengambil tindakan nyata meski harus menghadapi risiko mendapat tudingan miring dari pihak luar. "Itu jauh lebih baik sebagai simbol perlawanan daripada diam-diam saja tahu-tahunya jeblok," tegas dia.

Selain itu, Fadli juga mengkritisi sikap pemerintahan Joko Widodo yang selalu menjadikan Tiongkok sebagai patron pembangunan. Pilihan pemerintah itu dinilai aneh karena Tiongkok saat ini juga sedang mengalami penurunan dalam pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menuding Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro sengaja lepas tangan dengan terpuruknya nilai tukar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA