Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rupiah Melemah, Ini Kata Menteri Susi

Kamis, 05 Maret 2015 – 15:22 WIB
Rupiah Melemah, Ini Kata Menteri Susi - JPNN.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Di saat semua kalangan menjerit karena nilai tukar rupiah makin melemah, yakni melewati 13 ribu per dollar AS, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti justru bersyukur. Ia memaknai melemahnya nilai tukar rupiah dari sisi positifnya saja.

Menurutnya, dengan melemahnya nilai tukar rupiah, Indonesia bisa mengambil peluang untuk mendorong swasembada pangan karena langkah para importir menjadi lebih sulit.

"Ada bagusnya dollar naik, yang impor-impor jadi susah. Ya memang ada dampak positif dan negatifnya kalau dollar naik," ujar Susi di kantornya, Jalan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (5/3).

Untuk itu dia mengajak para pengusaha agar lebih jeli dalam melihat peluang saat dollar merangkak naik. Dia juga menyerukan untuk mengurangi impor dan lebih menggunakan produk dalam negeri.

"Itu insentif buat kita mandiri, harusnya kita swasembada, impor itu harus dikurangi dan dikurangi. Kita harus jeli manfaatkan ini. Ini mengguntungkan untuk kemandirian kita karena yang impor berat, makanya pakai lokal komponen lokal," serunya.

"Untuk eksportir ikan bagus, untuk importir ikan jelek. Saya ingin ini menjadi kemandirian ekonomi, bisa lebih mandiri jadi mereka tidak impor lagi," imbuhnya. (chi/jpnn)

 

JAKARTA - Di saat semua kalangan menjerit karena nilai tukar rupiah makin melemah, yakni melewati 13 ribu per dollar AS, Menteri Kelautan dan Perikanan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close