Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusdi Kirana Pimpin MPR, Baba Hasbi: Bukti Nyata Pluralisme PKB

Kamis, 03 Oktober 2024 – 17:29 WIB
Rusdi Kirana Pimpin MPR, Baba Hasbi: Bukti Nyata Pluralisme PKB - JPNN.COM
Dipilihnya Rusdi Kirana sebagai pimpinan MPR, bukti nyata pluralisme PKB. Foto: dok. PKB

jpnn.com, JAKARTA - Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Hasbiallah Ilyas menyoroti terpilihnya Rusdi Kirana sebagai pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Menurut dia, hal tersebut sebagai wujud nyata bahwa pluralisme dan kebhinekaan bukan sekadar simbol bagi PKB, partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). 

"Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin, menegaskan bahwa nilai-nilai pluralisme dan demokrasi menjadi dasar utama dalam menentukan komposisi kepemimpinan di DPR dan MPR RI,” ungkap Hasbiallah, yang akrab disapa Baba Hasbi, dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Hasbi menambahkan bahwa entitas santri yang sangat erat dengan PKB sudah diwakili di kepemimpinan DPR.

“Kang Cucun, pimpinan DPR dari PKB, merupakan sosok ulama dan santri NU tulen dari Kabupaten Banten. Ini menunjukkan bahwa PKB mengedepankan demokrasi dan pluralisme dalam perjuangannya,” jelasnya.

Selain soal entitas, Baba Hasbi juga menilai bahwa pemilihan pimpinan DPR dan MPR serta komposisi pimpinan Fraksi PKB didasarkan pada kapasitas dan integritas kader-kader PKB.

"Pimpinan dari PKB di DPR, MPR, dan Fraksi adalah legislator-legislator yang memiliki kapasitas dan integritas untuk menjalankan amanah besar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hasbi mengakui bahwa raihan suara PKB pada Pemilu 2024 tidak lagi hanya didominasi oleh daerah Jawa, tetapi juga daerah di luar Jawa. Hal ini membuktikan kecerdikan Gus Muhaimin dalam meracik strategi pemenangan PKB di tingkat nasional.

Baba Hasbi menilai dipilihnya Rusdi Kirana sebagai pimpinan MPR, bukti nyata pluralisme PKB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA