Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saat Ketua MPR Ngevlog Bareng Raja Tato, Konsumennya Tak Sembarangan

Senin, 07 September 2020 – 23:27 WIB
Saat Ketua MPR Ngevlog Bareng Raja Tato, Konsumennya Tak Sembarangan - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kembali melakukan hal yang menarik. Kali ini dia bikin video blog alias ngevlog bareng Raja Tato Indonesia Hendric Shinigami untuk konten akunnya di youtube, Bamsoet Channel di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (6/9).

Hendric Shinigami saat perbincangan dengan Bamsoet -panggilan ketua MPR mengamini bahwa usaha studio tato memang semakin menggeliat seiring banyaknya masyarakat yang menyukai seni menggambar tubuh itu.  

"Penggemarnya semakin banyak tiap tahunnya," ujar Hendric. Menurutnya, sejumlah konsumen yang datang ke studionya mengaku ingin punya tato karena ikut-ikutan orang dekat. Ada juga yang benar-benar menyukai karya seni itu.

Saat Ketua MPR Ngevlog Bareng Raja Tato, Konsumennya Tak Sembarangan

Sementara itu, Bamsoet mengungkapkan bahwa pada dasarnya budaya tato telah lama mengakar dalam kehidupan bangsa Indonesia. Setidaknya ada tiga suku yang memiliki kearifan lokal menato tubuh yaitu Suku Mentawai, Suku Dayak, dan Suku Moi.

Bahkan tradisi menato tubuh di Suku Mentawai, katanya, termasuk yang tertua di dunia. Dimulai sejak 53 tahun sebelum masehi (SM). Sebagian besar masyarakat suku tersebut menato tubuhnya sebagai bagian dari peribadatan serta penanda status sosial di kelompoknya.

"Di dekade 1980-an, tato terdegradasi menjadi simbol kriminalitas lantaran banyaknya penjahat yang bertato. Bahkan pernah geger kehadiran Petrus (penembak misterius) yang menyasar orang-orang bertato. Seiring berjalannya waktu, image tersebut luntur," ujar Bamsoet usai ngevlog dengan Hendric Shinigami.

"Tato kini menjadi bagian dari seni dan gaya hidup. Banyak orang menato tubuhnya untuk menegaskan sebuah prinsip hidup. Namun sebagai muslim, dalam ajaran agama saya tato dilarang," tutur mantan ketua DPR itu.

Bambang Soesatyo kali ini berbincang seru dengan seniman tato di kawasan Kelapa Gading.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close