Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Said PDIP Ajak Resapi Pidato Bung Karno dengan Hening

Selasa, 29 September 2020 – 21:04 WIB
Said PDIP Ajak Resapi Pidato Bung Karno dengan Hening - JPNN.COM
Ketua Badan Anggaran DPR RI, MH. Said Abdullah. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah mengajak meresapi penggalan pidato yang disampaikan Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno alias Bung Karno, pada 1 Juni 1945.

Hal itu dilakukan Said sebelum menutup penyampaian laporan pembahasan RUU APBN 2021, dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/9).

“Dalam masa pandemi Covid-19, dan agar dapat keluar dari tekanan ekonomi kami mengajak semua meresapi dengan hening penggalan pidato Bung Karno 1 Juni 1945,” kata Said dalam rapat yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani yang juga cucu Bung Karno, itu.

Said menyitir pidato Bung Karno menyatakan bahwa gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bersama, bantu binantu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.

“Holopis kuntul baris. Buat kepentingan bersama, itulah gotong royong,”  ujar Said mengutip Bung Karno.

Menurutnya, sepenggal pidato Bung Karno ini bukanlah firman yang didapat Presiden Pertama RI itu dari langit.

Said menjelaskan perjalanan panjang Bung Karno yang menapak garis perjuangan melintasi berbagai suku, budaya, agama di seantero negeri  telah menemukan gotong royong adalah praktik budaya yang hidup di tengah rakyat.

“Kami melihat masih ada asa. Gotong royong masih hidup subur di rakyat kita,” ujar Said.

Said Abdullah mengajak meresapi dengan hening pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 yang menekankan semangat gotong royong. Masih ada asa untuk gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close