Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sakit Flu dan Batuk, WNA Tiongkok di Surabaya Langsung Diperiksa Khusus di RS

Selasa, 28 Januari 2020 – 16:09 WIB
Sakit Flu dan Batuk, WNA Tiongkok di Surabaya Langsung Diperiksa Khusus di RS - JPNN.COM
RSUD dr Soetomo memeriksa WN Tiongkok yang sakit batuk dan flu. Foto: Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Tim dokter RSUD dr Soetomo menyatakan seorang warga negara asing asal Tiongkok yang baru datang ke Surabaya negatif dari virus corona.

WNA asal Tiongkok itu sempat dikhawatirkan membawa virus corona saat datang ke Indonesia sehingga langsung diperiksa tim dokter setempat.

Joni Wahyuhadi, Dirut RSUD dr Soetomo, menjelaskan WNA itu diperiksa lantaramengalami ciri-ciri serupa terkena penyakit akibat virus corona.

”WNA tersebut datang dari China ke Surabaya pada 5 Januari lalu," kata Joni.

Kemudian, lima hari lalu pasien WNA itu datang dengan sendirinya datang ke RSUD dr Soetomo lantaran sakit batuk pilek dan demam. "Pasien tersebut pun memeriksakan diri dan diobservasi oleh tim dokter RSUD dr Soetomo," ujarnya.

Hasilnya, satu tanda kuat yakni foto paru-paru tidak menunjukkan adanya tanda-tanda pneumonia. Selain itu tim dokter masih akan melakukan uji SWAB hari ini, yang hasilnya baru diketahui 3 hari ke depan.

"Uji SWAB dilakukan untuk mempertegas pemeriksaan dahak apakah mengandung novel coronavirus," kata Joni Wahyuhadi, Dirut RSUD dr Soetomo.

Sementara itu, Dinkes Jatim memperkuat fungsi pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, dan tiga rumah sakit yang ditunjuk untuk memberikan pelayanan terkait novel coronavirus. 

loading...