Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Salurkan Subsidi Bunga KUR, Kemenkop UKM dan BRI Bersinergi Bangkitkan UMKM

Senin, 06 Juli 2020 – 20:54 WIB
Salurkan Subsidi Bunga KUR, Kemenkop UKM dan BRI Bersinergi Bangkitkan UMKM - JPNN.COM
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mendukung upaya Bank BRI dalam penyelamatan dan recovery UMKM, yang berada dalam kondisi sulit akibat terimbas pandemi COVID-19. Foto dok humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mendukung upaya-upaya Bank BRI dalam penyelamatan dan recovery UMKM, yang berada dalam kondisi sulit akibat terimbas pandemi COVID-19.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan menuturkan pihaknya telah aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kementerian, lembaga dan pihak terkait lainnya, termasuk salah satunya yakni BRI.

Salah satu bentuk nyata upaya kepedulian pemerintah yakni dengan digulirkannya program tambahan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menyampaikan, pihaknya telah menerima alokasi dana tersebut dari Kemenkop UKM dan telah meneruskan subsidi bunga ini kepada UMKM yang masuk dalam kriteria penerima.

“Pada minggu lalu, Selasa (30/6), BRI telah mendistribusikan stimulus tambahan subsidi bunga KUR tahap pertama yang telah diterima dari pemerintah senilai Rp12,9 Miliar kepada lebih dari 211 ribu debitur KUR di seluruh Indonesia,” ujar Supari.

Supari menjelaskan secara teknis, tambahan subsidi bunga yang dibayarkan pemerintah akan dimasukan ke rekening pinjaman debitur dan tidak bisa diambil secara tunai untuk cadangan beban pembayaran bunga atau meringankan pembayaran bunga bulan berikutnya.

“Selanjutnya debitur yang dinyatakan berhak menerima tambahan subidi bunga, akan menerima stimulus sebesar 6 persen pada 3 bulan pertama dan 3% pada 3 bulan kedua serta tambahan subsidi tersebut berlaku sejak Mei 2020,” terang Supari.

Sejauh ini BRI telah melakukan berbagai upaya untuk membantu debitur terdampak untuk tetap bertahan melalui program restrukturiasi.

Kemenkop UKM telah aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kementerian, lembaga dan pihak terkait lainnya, termasuk salah satunya yakni Bank BRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close