Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sambut Hari Armada, Kolinlamil Gelar Penyuluhan Kesehatan

Selasa, 28 November 2017 – 08:53 WIB
Sambut Hari Armada, Kolinlamil Gelar Penyuluhan Kesehatan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Armada RI pada 5 Desember mendatang, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dan bakti sosial kesehatan seperti donor darah.

Kegiatan yang berlangsung di Markas Kolinlamil Jakarta, Senin (27/11) itu terselenggara atas kerja sama antara Dinas Kesehatan Kolinlamil, Yayasan Kanker Indonesia Jakarta dan Palang Merah Indonesia Jakarta Utara.

Kegiatan yang dibuka oleh Panglima Kolinlamil, Laksamana Pertama TNI Yudo Margono itu menghadirkan narasumber dari Yayasan Kanker Indonesia (YSKI) Jakarta, Alvis Shahrin.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Kolinlamil, Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, para Asisten Pangkolinlamil, Komandan Satuan Lintas Laut Militer Jakarta, Para Kepala Satuan Kerja Kolinlamil, Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil beserta staf serta seluruh Perwira jajaran Kolinlamil lainnya.

Selain ceramah kesehatan, pada hari yang sama juga digelar acara bakti sosial donor darah di Gedung Laut Sulu, Markas Kolinlamil. Sebanyak 102 personel terdiri dari Prajurit dan ASN Kolinlamil mengikuti kegiatan donor darah.

Dalam ceramahnya, Alvis Shahrin memaparkan mengenai pengertian kanker, cara mengenali secara dini gejala kanker prostat dan rahim serta terakhir tentang kanker payudara.

Alvis menjelaskan kanker merupakan suatu perubahan sel normal menjadi tidak normal (abnormal) kanker bisa berawal dari Tumor. Tumor itu sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor jinak pertumbuhanya lambat, tapi bila dibiarkan dan tidak segera ditangani dikhawatirkan akan berubah menjadi tumor ganas dan kalau sudah menjadi ganas itulah yang dinamakan dengan kanker (Cancer)!!!. Sel kanker bisa berpindah kebagian tubuh lain melalui pembuluh darah ( Metastasis).

loading...