Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sambut Turunnya Ilmu Pengetahuan

Senin, 15 Oktober 2018 – 12:21 WIB
Sambut Turunnya Ilmu Pengetahuan - JPNN.COM
Umat Hindu saat merayakan hari Saraswati. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Bagi umat Hindu, Sabtu kemarin (13/10) merupakan salah satu hari paling penting. Sebab, mereka merayakan Hari Saraswati (hari raya turunnya ilmu pengetahuan ke bumi) yang jatuh 210 hari sekali. Seperti biasa, mereka melakukan ritual Piodalan, yang secara harfiah berarti wedal atau keluar.

Pelaksanaan Piodalan itu dimulai dengan ritual membersihkan alat-alat peribadatan. Maka, tak heran jika kemarin Pura Agung Jagat Karana, Krembangan, dipadati umat Hindu. Ada yang datang dari Jombang, Bali, dan kota-kota lain di sekitar Surabaya. 

Misalnya Bagus Kusuma dan Raidipta. Mereka adalah warga Bali. "Seperti biasa, kami datang untuk sembahyang. Karena Saraswati merupakan refleksi ilmu pengetahuan untuk berbudi luhur," kata Bagus Pagi itu Bagus datang secara rombongan. Bersama 24 temannya, termasuk Raidipta, mereka terlihat khidmat bersembahyang di pura tersebut. Mereka juga datang dengan mengenakan pakaian khas sembahyang bagi umat Hindu.

Ketua Majelis Tertinggi Agama Hindu Kota Surabaya I Wayan Suraba menjelaskan makna Piodalan bagi umat Hindu. "Piodalan berasal dari kata wedal yang artinya keluar atau lahirnya pura ini," katanya.

salah satu ritual yang dilakukan kemarin pagi adalah Ngebejiang atau penyucian alat-alat ritual. Antara lain kain, senjata, dan cuplikan singgasana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close