Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran Pengamat Buat Pak Anies Dalam Menangani Pengunjuk Rasa

Rabu, 15 Januari 2020 – 10:10 WIB
Saran Pengamat Buat Pak Anies Dalam Menangani Pengunjuk Rasa - JPNN.COM
Anies Baswedan saat memantau banjir Jakarta. Foto: Instagram @aniesbaswedan

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sosial vokasi Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati angkat bicara menanggapi aksi unjuk rasa dua kelompok massa yang berhadap-hadapan di Balai Kota, Jakarta, Selasa (14/1) kemarin.

Devie menilai secara sosial aksi unjuk rasa merupakan hal yang alamiah. Karena dalam sebuah kebijakan yang diambil seorang kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pasti ada pihak yang mendukung maupun menentang.

"Demo itu berbahaya kalau berkepanjangan. Secara sosial orang akan terganggu, seperti di Hong Kong. Tetapi kalau tidak, ini hal biasa saja. Bahwa orang akan mempertahankan atau memberi dukungan/menolak sebuah kebijakan," ujar Devie kepada jpnn.com, ketika dihubungi Rabu (15/1).

Devie menilai aksi unjuk rasa jauh lebih baik daripada mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas di media sosial. Tidak baik bagi yang mengeluarkannya karena akan meninggalkan jejak yang buruk, bahkan bisa dituntut secara hukum.

"Jadi, masyarakat memang harus diberi saluran, daripada kemudian letupan meluap dalam saluran yang tidak baik," ucapnya.

Secara khusus Devie menyarankan para pengambil kebijakan mau berdialog langsung dengan pengunjuk rasa. Hal ini penting, karena tidak tertutup kemungkinan ada hal-hal yang kurang tepat dari sebuah kebijakan.

“Kalau berdemo, saya kira akan sangat baik kalau bisa berdialog langsung. Jadi ada program katalis bagi orang yang menyampaikan pemikirannya. Bagi si pemimpin, saya kira ini juga bagus, karena bisa saja ada yang kurang tepat dari sebuah kebijakan,” ujar Devie.

“Kalau bisa dibuat jadwal sekalian. Misal, ini mau demo, langsung diajak ngobrol. Ini jam segini, kelompok lain jam sekian. Pada kesempatan itu mereka dibiarkan mengeluarkan uneg-uneg. Setelah selesai, ditampung aspirasi mereka, kemudian dibicarakan hal apa yang bisa didialogkan. Saya kira itu akan sangat indah,” katanya.

Devie menyarankan para pengambil kebijakan mau berdialog langsung dengan pengunjuk rasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close