Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sarwono Kusumaatmadja: Jokowi Bukan Mengkritik Menteri Siti

Rabu, 20 Desember 2017 – 19:44 WIB
Sarwono Kusumaatmadja: Jokowi Bukan Mengkritik Menteri Siti - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto: KLHK for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja memuji kinerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Sarwono sekaligus meluruskan berbagai informasi yang dia nilai sengaja dipelintir sejumlah kalangan.

Dia menyayangkan banyak pernyataan-pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai isu kehutanan dan lingkungan, yang justru diputar sedemikian rupa, sehingga seolah-olah yang dikritik adalah kinerja Menteri Siti Nurbaya.

''Saya kira ini perlu diluruskan. Pernyataan Bapak Presiden itu tidak mengkritik Menteri LHK. Melainkan koreksi beliau pada kebijakan-kebijakan terdahulu, yang sedang diperbaiki oleh pemerintahan atau menteri saat ini,'' kata Sarwono, Rabu (20/12).

Dia mencontohkan, terjadi pemelintiran berita memanfaatkan pernyataan Jokowi soal penanaman pohon yang sifatnya hanya seremoni, ataupun saat mengungkapkan banyak penghamburan anggaran dalam jumlah besar namun minim manfaatnya di masyarakat.

''Ini adalah ungkapan tentang kebiasaan-kebiasaan yang lalu, pada pemerintahan yang lalu,'' tegas Ketua Dewan Pengarah Penanganan Perubahan Iklim ini.

''Saya ini lama sebagai orang pemerintahan, jadi yakin bahwa yang dimaksud presiden adalah kebijakan dulu yang sedang dilakukan langkah koreksi oleh pemerintah saat ini,'' tambahnya.

Sarwono mengatakan bahwa di era Presiden Jokowi, sudah banyak terjadi perubahan di lingkup kerja Kehutanan dan Lingkungan Hidup Indonesia.

Tanggung jawab menyatukan dua kementerian ini saja katanya bukanlah kerja yang mudah. Diperlukan keberanian, ketegasan, kreativitas dan keteguhan hati seorang menteri. Semua itu dilihatnya ada pada sosok Menteri Siti, yang dia nilai lebih banyak bekerja dalam sunyi.

Sarwono Kusumaatmadja menyayangkan banyak pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai isu kehutanan dan lingkungan diputar sedemikian rupa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close