Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sasar Anak Muda, Program 10 Ribu Usahawan Ahmad Ali-AKA Dinilai Efektif Tekan Kemiskinan

Sabtu, 28 September 2024 – 15:21 WIB
Sasar Anak Muda, Program 10 Ribu Usahawan Ahmad Ali-AKA Dinilai Efektif Tekan Kemiskinan - JPNN.COM
Pasangan calon Pilgub Sulteng Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri alias AKA berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Instagram @tumgrd

jpnn.com, JAKARTA - Pakar ekonomi asal Universitas Tadulako Palu Mohamad Ahlis Djirimu menilai program 10 ribu wirausaha yang dicanangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 1, Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri adalah momen yang tepat demi menurunkan kemiskinan ekstrem dan angka pengangguran di Provinsi terluas Sulawesi itu.

"Ini adalah momen yang tepat karena beberapa alasan, Pertama, 50 persen penduduk Sulteng saat ini adalah usia milenial ke bawah. Bila ditambah dgn Gen-X, proporsinya 80 persen," kata Ahlis saat dihubungi wartawan.

Lektor Kepala Fakultas Ekonomi Bisnis Untad itu merinci saat ini jumlah Gen-Z atau usia 10-24 tahun di Sulteng mencapai 779.580 jiwa atau 24,75 persen dari jumlah penduduk.

Sementara Gen-Milenium atau usia 25-39 mencapai 787.020 jiwa atau 24,98 persen. Adapun Gen-X atau usia 40-59 tahun merepresentasi 959.080 jiwa atau 30,44 persen.

Alasan kedua, lanjut Ahlis, data di atas menunjukkan adanya starting point bagi memanfaatkan bonus demografi.

"Ketiga, angka pengangguran Sulteng meningkat dari 2,95 persen pada 2023 menjadi 3,15 persen di tahun 2024. Pengangguran tertinggi didominasi oleh lulusan SMK mencapai 6,84 persen," tambah Tenaga Ahli Kementerian Keuangan RI itu.

Untuk alasan keempat, kata Ahlis, kewirausahaan merupakan solusi kelembagaan ekonomi. Potensi penguatan kelembagaan ekonomi ini berada pada desil 3-5 data terpadu kesejahteraan sosial.

"Sedangkan miskin ekstrim Sulteng berada pada desil 1, yang artinya sangat miskin," tegas Ahlis.

Pakar ekonomi asal Universitas Tadulako Palu merespons positif program 10 ribu wirausaha baru yang diusung pasangan calon Pilkada Sulteng Ahmad Ali-AKA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA