Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Covid-19 Pastikan Vaksin Merah Putih Masuk Program Pemerintah

Rabu, 19 Mei 2021 – 10:46 WIB
Satgas Covid-19 Pastikan Vaksin Merah Putih Masuk Program Pemerintah - JPNN.COM
Satgas Penanganan Covid-19 memastikan bahwa Vaksin Merah Putih tetap masuk dalam program vaksinasi pemerintah. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memastikan Vaksin Merah Putih tetap masuk dalam program vaksinasi pemerintah.

Vaksin buatan anak bangsa itu pada tahapan uji klinis nanti juga akan melibatkan para relawan.

"Vaksin Merah Putih saat ini memasuki uji praklinis pada hewan besar. Setelah uji praklinis pada hewan berhasil, maka akan dilanjutkan uji klinis pada relawan," kata Wiku di Graha BNPB, Selasa (18/5).

Seperti diketahui, upaya percepatan pengembangan Vaksin Merah Putih merupakan kolaborasi lembaga riset di antaranya lembaga pemerintah nonkementerian dan perguruan tinggi, seperti LBM Eijkman, LIPI, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Universitas Gajah Mada.

Masing-masing vaksin dikembangkan dari platform berbeda, seperti protein rekombinen, viral vector termasuk inactivated virus dan genetik menggunakan DNA atau MRNA.

Pengembangan Vaksin Merah Putih tidak hanya menggunakan pendekatan medis, tetapi melibatkan unsur lain yang kompleks.

Adapun penyelenggaraannya sesuai prosedur dan cara kerja sesuai standar. Hal itu mengacu pada good manufacturing practice sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala Badan POM RI Tahun 20212 tentang Penerapan Pedoman Cara Pembuatan Obat Yang Baik. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Satgas Penanganan Covid-19 memastikan bahwa Vaksin Merah Putih tetap masuk dalam program vaksinasi pemerintah. Vaksin tersebut kini memasuki uji praklinis.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close