Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Covid-19 Pastikan Varian Baru Corona Bisa Dideteksi dengan PCR

Selasa, 29 Desember 2020 – 20:53 WIB
Satgas Covid-19 Pastikan Varian Baru Corona Bisa Dideteksi dengan PCR - JPNN.COM
Warga yang mewaspadai virus corona menggunakan masker wajah. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia saat ini tengah mewaspadai adanya varian baru virus corona yang telah ditemukan di Inggris.

Berbagai upaya pencegahan pun telah dilakukan pemerintah Indonesia.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, varian baru Covid-19 ini bisa terlacak dengan tes polymerase chain reaction (PCR).

“Ini sekarang virusnya masih bisa dideteksi dengan PCR. Jadi tidak perlu khawatir," ujar Zubairi dalam talk show yang disiarkan YouTube BNPB, Selasa (29/12).

Menurut Zubairi, varian baru Covid-19 telah menyebar di beberapa negara di luar Inggris yakni, Belanda, Australia, Singapura, Italia, Denmark, dan Islandia.

Bahkan, tingkat penularan varian baru virus corona B117 ini sudah mencapai 71 persen dari virus sebelumnya.

“Virus yang baru ini menular jauh lebih cepat 71 persen dari virus sebelumnya. Itu yang harus kita ingat. Para ahli juga yakin memang virus B117 mudah menular, namun tidak lebih mematikan,” beber dia.

Zubairi menambahkan, munculnya varian baru virus corona ini tidak akan memengaruhi vaksin Covid-19 yang tengah dikerjakan para ahli karena vaksin diyakini masih efektif.

Satgas Covid-19 tengah mewaspadai adanya varian baru dari virus corona. Namun, virus yang ditemukan di Inggris ini tetap bisa dideteksi dengan tes PCR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close