Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Covid-19 Siapkan Vaksin Merah Putih Jadi Booster Tahun Depan

Kamis, 23 Desember 2021 – 14:23 WIB
Satgas Covid-19 Siapkan Vaksin Merah Putih Jadi Booster Tahun Depan - JPNN.COM
Vaksin Merah Putih diharapkan mulai digunakan pertengan 2022. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan pemerintah sedang menyiapkan vaksin Merah Putih untuk pelaksanaan booster pada 2022.

Pemerintah tengah menyesuaikan dasar hukum untuk memperkuat program vaksinasi.

Kemudian Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sedang memproses Emergency Use of Authorization (EUA) dari vaksin Pfizer, Sinovac, dan Astrazeneca.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, selain menggunakan vaksin buatan luar negeri, pemerintah juga membuka peluang menggunakan vaksin Merah Putih sebagai kandidat vaksin booster.

"Selain itu vaksin Merah Putih dengan berbagai platform dan asal instansi juga sedang dipersiapkan untuk digunakan sebagai vaksin booster," kata Wiku melalui akun BNPB di YouTube.

Di samping itu, Wiku mengingatkan vaksin memang besar manfaatnya dalam mencegah keparahan gejala, menurunkan risiko perawatan di rumah sakit, menekan kematian, hingga menurunkan laju mutasi virus.

Meski begitu, Wiku mengharapkan masyarakat yang sudah menerima dosis lengkap agar melengkapi perlindungan diri dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Penularan hanya dapat dicegah dengan disiplin protokol kesehatan dan kebijakan pelaku perjalanan internasional yang ketat dalam mencegah importasi kasus," jelas dia.(tan/jpnn)

Pemerintah tengah menyiapkan vaksin Merah Putih untuk pelaksanaan booster pada 2022. Satgas juga meminta masyarakat patuhi prokes.

Redaktur : Yessy
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close