Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Sebut Banyak Pelajaran Menghadapi Pandemi pada 2021

Selasa, 28 Desember 2021 – 21:36 WIB
Satgas Sebut Banyak Pelajaran Menghadapi Pandemi pada 2021 - JPNN.COM
Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan banyak pelajaran yang bisa dipetik dari cara Indonesia menghadapi pandemi sepanjang 2021.

Diawali dengan lonjakan pertama pada Januari, yang diikuti lonjakan kedua pada Juli lalu, hingga Desember saat ini kasus terkendali.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan banyak pembelajaran yang bisa dipetik, untuk menghadapi masa depan.

Dengan pelajaran itu, Indonesia bisa terbebas dari pandemi dan mencapai endemi Covid-19 di 2022.

"Sudah sepantasnya kita bersama-sama memetik pelajaran penanganan pandemi satu tahun ini, terutama sebagai pondasi dalam memantapkan langkah bersama menuju 2022 yang produktif aman Covid," ujar Wiku melalui akun BNPB di YouTube, Selasa (28/12).

Wiku menerangkan tahun ini terjadi dua kali lonjakan. Yang pertama dimulai pada akhir 2020 dan terus meningkat mencapai puncaknya pada 25 Januari 2021. Lonjakan ini berhasil diturunkan selama 15 minggu berturut-turut.

Selanjutnya, lonjakan kedua puncaknya pada Juli. Penyebabnya, varian Delta yang diberi peluang menular akibat  tingginya mobilitas selama periode Idulfitri 2021.

Kasus melonjak signifikan hingga mencapai puncaknya sebesar 1200 persen dari titik terendah pada Mei, hanya dalam waktu sembilan minggu.

Satgas Penanganan Covid-19 mengajak masyarakat belajar dari pengalaman menghadapi pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA