Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satu Perusahaan di Batam Tutup 30 September, Bagaimana Pesangon Ribuan Buruh?

Kamis, 04 Juli 2019 – 16:55 WIB
Satu Perusahaan di Batam Tutup 30 September, Bagaimana Pesangon Ribuan Buruh? - JPNN.COM
PT Unisem Batam yang akan tutup 30 September, siap membayar uang pesangon ribuan buruhnya. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BATAM - PT Unisem Batam rencananya akan resmi tutup pada 30 September 2019. Sebelum menghentikan operasional perusahaan, PT Unisem Batam akan membayar seluruh pesangon karyawannya.

"Mereka menjanjikan hak-hak para pekerja akan selesai sebelum seluruh mesin keluar dari pabriknya," kata Manager General Affair Batamindo, Tjaw Hoeing usai rapat bersama pimpinan Unisem bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Polda Kepri, BP Batam, HKI Kepri, Tunaskarya dan Serikat dari Unisem di Batamindo, Selasa (2/7).

Pria yang akrab disapa Ayung ini mengatakan perusahaan dari Malaysia ini hanya menutup pabriknya di Batam karena mengalami kerugian dan juga menyatakan tidak bangkrut.

"Unisem ini punya tiga pabrik sebelumnya, yakni di Ipoh Malaysia, Chengdu China dan Batam," jelasnya.

Karena Unisem sudah go public atau memperbolehkan sahamnya dimiliki oleh khalayak luas, maka pemberitahuan tutup pabrik harus diberitahukan kepada seluruh karyawan dan supplier. "Mereka juga sudah kirim surat jaminan terkait pembayaran," tuturnya.

BACA JUGA: Satu Lagi Perusahaan di Batam Tutup, Ribuan Buruh Bakal Kena PHK

Tapi untuk sementara waktu, manajemen sudah meminta agar karyawan tetap bekerja seperti biasa hingga tutupnya pabrik pada 30 September nanti.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan dalam pertemuan bersama pihak perusahaan, manajemen Batamindo dan beberapa instansi terkait, perusahaan berjanji akan membayar semua hak yang harus diterima karyawan.

Salah satu perusahaan di Batam yakni PT Unisem Batam, secara resmi akan tutup pada 30 September 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close