Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sawah Tak Kering Lagi, Petani di 7 Desa Juwiring Klaten Kini Nikmati Irigasi Bendung Bagor

Kamis, 07 September 2023 – 13:50 WIB
Sawah Tak Kering Lagi, Petani di 7 Desa Juwiring Klaten Kini Nikmati Irigasi Bendung Bagor - JPNN.COM
Ilustrasi Foto: Humas Kementan

jpnn.com, KLATEN - Saluran irigasi yang mengairi persawahan di Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, kini tidak pernah kering lagi.

Itu berkat sistem gotong royong yang dilakukan masyarakat petani tujuh desa di Kecamatan Juwiring dalam memelihara saluran irigasi di Bendung Bagor.

Petani juga bisa menghemat biaya pengairan ratusan ribu per musim panen untuk biaya bahan bakar mesin pompa bor yang selama bertahun tahun digunakan untuk pengairan sawah.

Hal itu terjadi karena penyaluran air dari Bendung Bagor ini telah terbagi merata ke seluruh persawahan hingga wilayah hilir. Menurut petani ini merupakan solusi cantik yang sangat diperlukan untuk bisa mempertahankan pertanian Klaten yang dikenal sebagai sentra padi Jawa Tengah.

Ketua Forum Relawan Irigasi (FRI), Sumartono mengatakan awalnya banyak petani di wilayah hilir Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Pusur yang tidak kebagian air.

Hal itu disebabkan karena masyarakat petani di tujuh desa yang ada di Kecamatan Juwiring bisa dengan seenaknya menutup dan membuka saluran air yang ada di Bendung Bagor.

“Kondisi itu pun membuat pabrik AQUA Klaten yang bermitra dengan Gita Pertiwi memfasilitasi pembentukan Forum Relawan Irigasi (FRI) untuk membantu pengaturan air dari Bendung Bagor agar terbagi merata ke semua lahan pertanian yang ada di Juwiring,” ujarnya.

Forum Relawan Irigasi yang sudah berdiri hampir dua tahun ini terdiri dari berbagai unsur mulai dari petani pengguna air, camat hingga kepala desa yang ada di Kecamatan Juwiring. Setelah FRI terbentuk, kata Sumartono, semua bersepakat untuk memelihara jaringan saluran irigasi khususnya di daerah irigasi Bagor.

Saluran irigasi yang mengairi persawahan di Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, kini tidak pernah kering lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close