Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SDG Kaltim Akselerasi Sertifikasi Halal Lewat Pelatihan di Kota Samarinda

Sabtu, 01 April 2023 – 20:40 WIB
SDG Kaltim Akselerasi Sertifikasi Halal Lewat Pelatihan di Kota Samarinda - JPNN.COM
SDG Kaltim bersama para pelaku UMKM dan santriwati menggelar tausiah Ramadan hingga doa bersama untuk kesejahteraan masyarakat serta kedamaian Indonesia di masa mendatang. Foto dok SDG

jpnn.com, SAMARINDA - Santri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Timur mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Samarinda agar terus tumbuh dan berkembang melalui pelatihan sertifikasi produk halal.

Pelatihan tersebut digelar di T-CO Coffee, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda ini mengusung tagline 'UMKM Bangkit, Negara Kuat' untuk memberi pemahaman akan pentingnya sertifikasi halal pada sebuah produk.

Tak hanya para pelaku UMKM, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo  menanamkan ilmu-ilmu kewirausahaan kepada santriwati dari pondok pesantren agar mereka bisa mandiri dan berdaya.

"Pelatihan sertifikasi halal ini untuk meningkatkan UMKM lokal karena kami tahu bahwa banyak sekali UMKM yang mana masih tanda kutip masyarakat bertanya-tanya apakah ini produknya halal atau enggak," ucap Koordinator Wilayah SDG Kaltim, Abdul Rahim, Jumat (31/3).

Rahim mengatakan ada beberapa benefit yang didapat bila produk UMKM telah mengantongi sertifikat halal, seperti menjamin kualitas produk sehingga bisa bersaing, memiliki unique selling point, serta meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dia menyebut dengan memiliki sertifikat halal pelaku UMKM "Kota Tepian" ini juga berpotensi memperluas jaringan produknya di pasar-pasar halal tingkat global.

Di sisi lain, pelatihan sertifikasi halal ini sebagai wujud membantu pemerintah dalam akselerasi wajib bersertifikat halal pada 2024 mendatang, sesuai Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014.

"Kegiatan ini didasarin karena kita kan baru saja melewati badai pandemi Covid-19 jadi perekonomian sempat lumpuh dan daripada relawan Santri Dukung Ganjar ini meningkatkan gairah perekonomian melewati UMKM," jelas Rahim.

SDG Kaltim bersama para pelaku UMKM dan santriwati menggelar tausiah Ramadan hingga doa bersama untuk kesejahteraan masyarakat serta kedamaian Indonesia di masa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close