Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seaplane, Solusi Mengatasi Keterbatasan Transportasi Darat dan Laut di Indonesia

Jumat, 21 Juni 2024 – 22:48 WIB
Seaplane, Solusi Mengatasi Keterbatasan Transportasi Darat dan Laut di Indonesia - JPNN.COM
Seaplane Akhirnya Resmi Terbang ke Pulau Bawah. Foto: dok Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat maritim dari IKAL Strategic Center (ISC), DR. Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa menegaskan  pengoperasian seaplane di pelabuhan membuka peluang baru dalam bidang transportasi dan pariwisata di Indonesia.

Seaplane ini direncanakan  berada di bawah pengawasan Ditjen Perhubungan Laut (DJPL) di masa mendatang.

“Seaplane, pesawat amfibi yang mampu lepas landas dan mendarat di permukaan air, menawarkan solusi transportasi yang unik dan efisien, terutama untuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau melalui jalur darat atau laut,” jelas Capt. Hakeng, di Jakarta, (21/06). 

Kendati demikian, menurut Capt.Hakeng-sapaan akrabnya-, implementasi layanan seaplane ini memerlukan antisipasi yang matang untuk menghindari konflik kewenangan dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU).

“Dari itu dibutuhkan kolaborasi yang erat antara DJPL dan DJPU. Harus ada kerangka regulasi yang jelas serta pelatihan dan persiapan infrastruktur yang memadai, dimana hal tersebut akan menjadi kunci untuk memastikan operasional yang aman dan efisien,” sambung Capt Hakeng.

Perbedaan tanggung jawab antara DJPL dan DJPU, sambungnya, berpotensi menimbulkan konflik kewenangan.

DJPL bertanggung jawab atas pengelolaan pelabuhan dan kegiatan maritim, sementara DJPU mengatur penerbangan sipil dan operasional bandara.

“Jadi ketika seaplane mulai beroperasi di pelabuhan yang dikelola oleh DJPL, DJPU mungkin menganggap ini sebagai bagian dari regulasi penerbangan,” tutur Hakeng.

Pengamat maritim menyebut seaplane, pesawat amfibi yang mampu lepas landas dan mendarat di permukaan air, menawarkan solusi transportasi yang unik dan efisien.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close