Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebanyak 189 Situ di Jabotabek Aman

Senin, 30 Maret 2009 – 14:52 WIB
Sebanyak 189 Situ di Jabotabek Aman - JPNN.COM
JAKARTA-Seluruh situ di Jabotabek yang berjumlah 189 termasuk Situ Gintung diklaim dalam kondisi aman, pasalnya prosedur pemeriksaan selalu dijalankan pihak terkait. “Situ Gintung sebenarnya sudah kami periksa pada 2008 kondisinya masih aman. Kebijakan untuk memeriksa kondisi bendungan, waduk, situ dilaksanakan setiap satu tahun sekali sesuai Permen PU No. 72 tahun 1992,” kata Dirjen Sumber Daya Departemen Pekerjaan Umum Air Iwan Nusyirwan saat ditemui wartawan di Jakarta, Senin (30/3).

Lebih lanjut dikatakan Iwan, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane sebagai pihak yang bertanggungjawab sudah melaksanakan tugas memeriksa kondisi Situ Gintung pada 2008. “Sebagai bukti kami sudah membangun `jogging track` di sekeliling Situ Gintung yang berarti di sekelilingnya sudah dilaksanakan pemeriksaan, sehingga jebolnya tanggul disebabkan derasnya curah hujan saat itu,” ujarnya.

Iwan mengatakan, banyaknya korban jiwa akibat jebolnya tanggul di Situ Gintung disebabkan padatnya rumah penduduk di sekitarnya, bahkan menempati anak sungai dari Situ yang bermuara ke Kali Pesanggrahan. “Kondisinya memang warga sudah menempati anak sungai sehingga yang semula lebarnya 5 - 7 meter, menjadi tinggal sekitar 1,5 meter saja karena air dari salurah pelimpah (spill way) yang masuk memang selama ini sedikit,” imbuhnya.

Rumah yang menempati anak sungai dari Situ Gintung itu merupakan satu RW sendiri sehingga dapat dibayangkan padatnya lokasi di sekitar kawasan itu dengan kondisi ini memang akibatnya banyak korban jiwa saat tanggul jebol.

JAKARTA-Seluruh situ di Jabotabek yang berjumlah 189 termasuk Situ Gintung diklaim dalam kondisi aman, pasalnya prosedur pemeriksaan selalu dijalankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close