Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebenarnya Isi Pernyataan Bu Mega Baik, tetapi Diksinya Menyakiti Publik

Sabtu, 19 Maret 2022 – 21:21 WIB
Sebenarnya Isi Pernyataan Bu Mega Baik, tetapi Diksinya Menyakiti Publik - JPNN.COM
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno menilai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak berempati kepada rakyat yang sedang kesulitan memperoleh minyak goreng.

Penilaian itu sebagai respons terhadap Megawati yang mengaku mengelus dada melihat ibu-ibu berebut minyak goreng, padahal ada cara memasak tanpa menggoreng, yakni dengan merebus.

Menurut Adi, elite politik seharusnya menunjukkan empati kepada masyarakat yang kesusahan. Saat ini minyak goreng tidak hanya langka, tetapi harganya juga melambung.

"Sekalipun tidak membantu rakyat, setidaknya elite-elite negara bisa menahan komentar yang bisa melukai perasaan publik," kata Adi kepada JPNN.com, Sabtu (19/3).

Direktur Parameter Politik itu menilai substansi dari pernyataan tentang merebus makanan memang baik. Sebab, hal itu akan mengurangi ketergantungan masyarakat pada minyak goreng.

Namun, Adi menegaskan pernyataan itu semestinya disampaikan dengan cara lebih bijaksana. Menurut dia, sebaiknya diksi atau pilihan kata yang digunakan tetap mengayomi karena saat ini perasaan masyarakat sensitif.

"Di negara ini, rakyatlah yang harus berpikir dan berempati terhadap nasibnya sendiri karena elite sangat begitu berjarak," ujar Adi.

Sebelumnya, video yang beredar menunjukkan Megawati mengaku heran dengan fenomena masyarakat yang memperebutkan minyak goreng.

Pengamat politik Adi Prayitno mengkritisi pernyataan Megawati Soekarnoputri soal keheranannya pada ibu-ibu yang mengantre minyak goreng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close