Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Segudang Manfaat Minyak Ikan untuk Si Kecil, Bukan Hanya Penambah Nafsu Makan

Senin, 04 September 2023 – 08:27 WIB
Segudang Manfaat Minyak Ikan untuk Si Kecil, Bukan Hanya Penambah Nafsu Makan - JPNN.COM
Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur menjelaskan asam lemak omega-3 dibutuhkan anak-anak untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang optimal. Foto dok. KALBE Nutritionals

jpnn.com, JAKARTA - Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 penting yang disebut asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Secara khusus, kandungan itu dibutuhkan anak-anak untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang sehat, serta menambah nafsu makan.

Walakin, tubuh manusia tidak menghasilkan banyak asam lemak omega-3 sendiri. Menyadari manfaat minyak ikan pada tumbuh kembang Si Kecil, PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) berkomitmen membantu orang tua dalam memberikan nutrisi terbaik bagi anak dan memanfaatkan minyak ikan sebagai kandungan utama produk nutrisi terbarunya, Morinaga Morigro melalui formula yang disebut GROMAX.

Menurut Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, asam lemak omega-3 yang ada di minyak ikan adalah kelompok asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan juga oleh anak-anak untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang optimal.

Sejak lahir sampai 2 tahun, otak mulai tumbuh, tetapi berkembang sepenuhnya selama masa kanak-kanak dan remaja. Selama periode ini, asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, khususnya DHA, sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan optimalkan performa belajar anak. 

"Namun, konsumsi minyak ikan sendiri disarankan dengan zat gizi lainnya agar hasilnya optimal mendukung tumbuh kembang anak,” ungkap Muliaman dalam keterangannya dikutip Senin (4/9).

Minyak ikan bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka, tetapi masih sedikit yang tahu cara kerja sebenarnya. Asam lemak omega-3 di minyak ikan membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Selain itu, sifat anti inflamasi yang kuat, terutama karena kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) membantu si kecil mengatasi peradangan yang terjadi saat tumbuh kembang dan meningkatkan respons imun anak terhadap infeksi.

Minyak ikan juga berkhasiat menjaga kesehatan otak dan fungsi mental optimal, sehingga si kecil tidak mudah tantrum yang kemudian mempengaruhi selera makannya. Kemudian, minyak ikan juga mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin D dan vitamin A.

Minyak Ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan Si Kecil, salah satunya menambah nafsu makan anak dan banyak manfaat lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close