Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selain Daun Katuk, Deretan Makanan Ini Juga Perlancar ASI

Rabu, 17 April 2019 – 23:31 WIB
Selain Daun Katuk, Deretan Makanan Ini Juga Perlancar ASI - JPNN.COM
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Antaranews

jpnn.com - Setelah mengandung selama 9 bulan, akhirnya tiba juga kelahiran sang buah hati. Perjuangan tidak lantas selesai dengan proses melahirkan. Justru, merawat dan memberikan ASI pada bayi alias menyusui adalah hal yang lebih menantang ketimbang menjalani kehamilan.

Semua ibu ingin yang terbaik untuk bayinya, termasuk dalam hal tumbuh kembang. Untuk itu, setiap ibu sangat dianjurkan untuk memberikan ASI di 6 bulan pertama kehidupan bayi.

Sayangnya, tidak semua ibu dapat sukses dalam proses menyusui lantaran masalah yang datang silih berganti.

Ada yang bayinya kesulitan menyusu karena prematur, berat badan lahir rendah, tongue tie, atau latch on (perlekatan) yang salah. 

Ada pula ibu yang kesulitan menyusui karena mengalami masalah pada payudara, seperti puting lecet hingga infeksi payudara (mastitis) atau menderita masalah psikologis seperti baby blues hingga depresi usai melahirkan.

Terlepas dari berbagai kendala tersebut, Anda tidak perlu panik berlebih, karena hampir semua wanita dapat menyusui bayi dengan lancar. Namun, memang, ada sebagian kecil wanita yang tidak dapat menyusui bayi karena satu dan lain hal, seperti kelainan hormon atau riwayat operasi payudara yang merusak kelenjar atau saluran air susu.

Lantas, bagaimana dengan ibu yang memiliki ASI yang sedikit? Apakah tetap bisa menyusui dengan optimal? Tentu saja! Bagi ibu dengan produksi ASI yang terbatas, Anda tak perlu khawatir.

Pasalnya, untuk membantu memperlancar produksi ASI, 

Tak ada alasan lagi untuk tidak menyusui buah hati. Jadikan beberapa pilihan makanan di atas sebagai ASI booster, apalagi jika ASI yang Anda produksi sangat sedikit.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close