Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selama 3 Hari Penumpang Sumbang 800 Kg Sampah Plastik

Jumat, 04 Januari 2019 – 14:28 WIB
Selama 3 Hari Penumpang Sumbang 800 Kg Sampah Plastik - JPNN.COM
Pekerja sedang memilah sampah plastik berupa botol bekas. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Jumlah penumpang Suroboyo Bus melonjak tinggi pada liburan akhir tahun. Dalam tiga hari, sejak Senin (31/12) hingga Rabu (2/1), total ada 800 kilogram botol sampah yang berhasil dikumpulkan. Ya, untuk naik bus berwarna merah itu, penumpang memang membayar dengan sampah plastik. Bisa 3 botol besar, 5 botol tanggung, atau 10 gelas plastik. 

Kini ribuan botol tersebut dipilah di tempat pengolahan sampah (TPS) dengan sistem 3R (reuse, reduse, and recycle) di Kelurahan Osowilangun, Kecamatan Benowo. Sebelumnya, sampah plastik itu dikumpulkan di penyimpanan sementara di Bratang. ''Kalau sekarang langsung ditaruh di sini (TPS 3R Osowilangun. Red),'' ucap Dwi Cahyono, staf seksi pemanfaatan sampah dan limbah dari dinas kebersihan ruang terbuka hijau (DKRTH). 

Dwi mengatakan, sampah datang di TPS 3R kemarin (3/1) dalam dua gelombang. Untuk tahap awal, sampah yang dipilah sekitar 410,3 kilogram. Setelah tahap awal selesai, gelombang kedua langsung diproses. Menurut Dwi, ribuan botol tersebut akan dipilah sesuai permintaan pasar. Warna dan jenis botolnya dibedakan. 

Dia menjelaskan, botol air mineral dibagi dua. Yakni, putih bening dan biru. Warna tersebut dapat dilihat di bagian bawah botol. Botol dari berbagai macam minuman nanti digolongkan sebagai botol campuran. Tutup botol juga dikumpulkan sendiri. Untuk botol-botol yang dipilah, bagian labelnya terlebih dulu dibersihkan. ''Ada perlakuan khusus sehingga botol harus bersih,'' ungkapnya. 

Dia menjelaskan, botol air mineral dibagi dua. Yakni, putih bening dan biru. Warna tersebut dapat dilihat di bagian bawah botol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close