Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semarak Galang Gerak Budaya Tapal Kuda di Pura Mandara Giri Semeru Agung

Kamis, 02 November 2023 – 10:03 WIB
Semarak Galang Gerak Budaya Tapal Kuda di Pura Mandara Giri Semeru Agung - JPNN.COM
Galang Gerak Budaya Tapal Kuda, panitia Kabupaten Lumajang menggelar pertunjukan multibentuk di Gedung Serbaguna Pura Mandara Giri Semeru Agung. Foto: dok GGBTK

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai bagian dari rangkaian even Galang Gerak Budaya Tapal Kuda, panitia Kabupaten Lumajang menggelar pertunjukan multibentuk di Gedung Serbaguna Pura Mandara Giri Semeru Agung, Senduro pada 29 Oktober lalu

Tidak jauh berbeda dengan pertunjukan di Lumajang, pertunjukan di Senduro juga menghadirkan ragam pertunjukan yang mayoritas penarinya adalah gen Z.

Mereka berasal dari sanggar-sanggar seni di kawasan Senduro dan Lumajang.

“Kami memang melibatkan kaum muda agar mereka memiliki pengalaman estetik dan emosional dalam memajukan ragam budaya lokal. Sebagus apapun budaya kita, kalau kaum muda tidak mau melanjutkan, ya percuma,” jelas Wira Dharma, panitia even di Senduro.

Suara alunan musik gamelan rancak segera mengalun, mengiringi para penari remo Lumajangan menyambut ratusan warga masyarakat dan undangan.

Para penari yang merupakan pelajar SMA seperti mengajak penonton untuk hidup dalam kegembiraan dan semangat di tengah-tengah permasalahan yang dihadapi.

Tari Batik Lumajang menjadi sajian berikutnya yang tidak kalah menarik. Tari ini bertutur tentang keunikan batik Lumajang yang bermotif pisang.

Selain menghibur, tari ini juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan menggunakan batik sebagai karya budaya yang mengusung karakteristik lokal Lumajang.

Suara alunan musik gamelan rancak segera mengalun, mengiringi para penari remo Lumajangan di Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close