Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sempat Turun Peringkat, Akreditasi UNJ Memelesat dalam 5 Tahun

Jumat, 14 April 2023 – 19:01 WIB
Sempat Turun Peringkat, Akreditasi UNJ Memelesat dalam 5 Tahun - JPNN.COM
Rektor UNJ Prof. Komarudin bersama para warek dalam media gathering di kampus UNJ. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan memasuki usianya yang ke- 59 tahun pada 16 Mei 2023 mendatang telah meraih banyak prestasi serta reputasi.

Salah satu pengalaman berharga, yaitu pada 2017 UNJ turun peringkat dari akreditasi A menjadi B. Atas turunnya peringkat akreditasi UNJ ini, semua civitas academica bergerak bangkit dan maju untuk mengembalikan ke peringkat tertinggi.

Saat UNJ memiliki rektor definitif yang terpilih secara demokratis pada 2019 lalu, perlahan UNJ mulai berbenah diri.

Prof Komarudin selaku rektor UNJ terpilih pada 2019 lalu bersama pimpinan di lingkungan UNJ bergerak cepat membenahi permasalahan yang ada di UNJ melalui program kerja E-Fine-nya yang fokus pada lima program, yaitu: (1) Aset dan Infrastruktur; (2) Tata Kelola dan Kepemimpinan; (3) Reputasi Akademik; (4) Sumber Daya Manusia Unggul; dan (5) Kewirausahaan.

"Atas kerja keras, kolaborasi, dan semangat untuk kembali meningkatkan marwah UNJ, akhirnya pada 2 Februari 2021, UNJ berhasil memperoleh akreditasi Unggul (setara dengan akreditasi A) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku dari 2 Februari 2023 sampai 2 Februari  2026," tutur Komarudin dalam media gathering di kampus UNJ, Jumat (14/4).

Akreditasi unggul yang diraih UNJ, lanjutnya, kemudian terus disusul dengan prestasi-prestasi lainnya. UNJ dari hari ke hari makin memantapkan diri dengan berbagai raihan prestasi yang mendongkrat posisi pemeringkatannya di level nasional maupun internasional dalam kurun empat hingga tujuh tahun terakhir.

Dia menyebutkan pada peringkat versi Webometrics, tahun 2018 posisi UNJ di peringkat 99. Peringkat ini terus naik hingga tahun 2023 naik menjadi peringkat ke-39 dari 3.381 perguruan tinggi di Indonesia. Begitu juga dengan peringkat versi Scimago Ranking University, pada 2020 posisi UNJ berada diperingkat 49, dan saat ini tahun 2023 naik menjadi peringkat ke-32.

Lalu, pada kategori pemeringkatan subjek pendidikan, UNJ berada pada peringkat ke-6 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022.

Peringkat akreditasi UNJ yang sempat turun kembali memelesat dalam 5 tahun terakhir. Begini prestasi PTN tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close