Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepatu Cibaduyut Dilibas Produk China

Jumat, 17 September 2010 – 09:21 WIB
Sepatu Cibaduyut Dilibas Produk China - JPNN.COM
BANDUNG -- Pengrajin sepatu Cibaduyut terancam bangkrut. Serbuan produk Cina dengan kualitas yang sama namun harga lebih murah menjadi ancaman serius. Jika pemerintah daerah tidak segera merespon kesulitan para pelaku usaha alas kaki tersebut, bukan mustahil sepatu produksi Cibadyut tinggal sebuah legenda.

"Kita harus segera menyelamatkan pengrajin sepatu Cibaduyut. Pemerintah harus men-support mereka dengan memberikan kemudahan, mulai dari pembiayaan, peningkatan skill pengrajin dan pengurangan pajak serta memperpendek perijinan," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin)  Jawa Barat Agung Suryamal Sutisno kepada Radar Bandung (grup JPNN) kemarin, (16/9).

Menurut Agung, minimnya promosi yang dilakukan pengrajin sepatu Cibadayut juga menjadi salah satu hambatan mempercepat brands produk yang dihasilkan. Sebetulnya, kualitas sepatu Cibaduyut tidak kalah dengan buatan Cina. Namun karena masyarakat Indonesia sudah terpatri dengan harga murah, maka kualitas menjadi nomor dua. "Sebetulnya kalau bicara kualitas saya tidak ragu. Persoalannya dari sisi promosi produk Cibaduyut itu kurang gencar," tambah Agung.

Ada beberapa komponen yang bias dikurangi sehingga cost produksi bisa jadi rendah. Misalkan, pemerintah memberikan kemudahan dalam proses perijinan dengan tidak berbelit-belit dan mahal. Kemudian perbankan juga harus digerakan dengan mendorong agar bisa memberikan suku bunga yang rendah. "Kalau aturannya memang tidak bisa, pemerintah kan bisa memberikan subsidi untuk pengurangan bunga menjadi di kisaran 8 persen," lanjut Agung.

BANDUNG -- Pengrajin sepatu Cibaduyut terancam bangkrut. Serbuan produk Cina dengan kualitas yang sama namun harga lebih murah menjadi ancaman serius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA