Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seperti ini Cara Lemon Menurunkan Kadar Kolesterol

Jumat, 28 Agustus 2020 – 14:19 WIB
Seperti ini Cara Lemon Menurunkan Kadar Kolesterol - JPNN.COM
Air lemon (Ilustrasi). Foto: livestrong

jpnn.com, JAKARTA - Kolesterol jahat yang tinggi dalam darah memang bisa membahayakan kesehatan. Berbagai risiko penyakit, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, dan strok bisa terjadi apabila kadar kolesterol tersebut tinggi.

Untuk menghindari penyakit-penyakit itu, Anda perlu mengontrol pola makan dan mengonsumsi asupan yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Nah, lemon bisa jadi salah satunya.

Bagaimana Lemon Dapat Turunkan Kolesterol?

Pasti sudah banyak yang tahu kalau lemon kaya akan kandungan vitamin C.

Menurut studi oleh University of Michigan Health System, Amerika Serikat, asupan vitamin C yang tinggi dapat mencegah kerusakan pada tubuh akibat kolesterol LDL, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan menurunkan kadar kolesterol total.

“Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon membantu mengurangi peradangan di pembuluh darah, umumnya diakibatkan oleh pembentukan plak lemak dan radikal bebas. Hasilnya, kolesterol jahat bisa menurun," ujar dr. Devia Irine Putri.

Selain itu, studi pada 2013 dalam International Journal of Humanities and Social Science meneliti tentang efek makan satu apel, minum segelas air yang dicampur air perasan lemon, atau mengonsumsi keduanya setiap hari terhadap kadar kolesterol tinggi.

Hasil menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi air lemon setiap hari mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan.

Berbagai risiko penyakit, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, dan strok bisa terjadi apabila kadar kolesterol tinggi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close