Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepupu Saddam Dihukum Mati

Selasa, 26 Januari 2010 – 09:51 WIB
Sepupu Saddam Dihukum Mati - JPNN.COM
Pelaksanaan eksekusi mati atas Chemical Ali. Foto : AP (Insert :AFP)
BAGHDAD - Otak pengembangan senjata biologis Iraq di masa pemerintahan Saddam Hussein, Ali Hassan al-Majid atau yang lebih dikenal dengan nama 'Chemical Ali', telah dieksekusi di tiang gantungan. Ali dianggap bertanggungjawab karena memberi perintah pembunuhan masal ribuan warga suku Kurdi di Halabja dengan menggunakan senjata kimia. 

"Yang terkutuk Ali Hassan al-Majid telah dieksekusi dengan hukuman gantung sampai mati hari ini (kemarin)," ujar juru bicara pemerintah Irak, Ali al-Dabbagh seperti dikutip harian Daily Telegraph.

Eksekusi atas antek Saddam paling terkenal itu dilakukan hanya delapan hari setelah Ali dijatuhi vonis bersalah dan diganjar dengan hukuman mati untuk keemppat kalinya berdasar tuduhan bahwa Ali adalah otak pembantaian di Halabja.

Sepupu Saddam itu juga pernah ditugasi melakukan serangkaian tindakan represif yang brutal untuk menumpas pemberontakan kaum Syiah pada 1991, yang secara diam-diam sebenarnya didukung AS setelah perang teluk paska pembebasan Kuwait. Namun aksi Ali di Halabja jelas paling dikenang.

BAGHDAD - Otak pengembangan senjata biologis Iraq di masa pemerintahan Saddam Hussein, Ali Hassan al-Majid atau yang lebih dikenal dengan nama 'Chemical

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA