Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sering Kelelahan, Selalu Pertanda Gejala Diabetes?

Jumat, 19 April 2019 – 04:21 WIB
Sering Kelelahan, Selalu Pertanda Gejala Diabetes? - JPNN.COM
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Akhir-akhir ini, Anda sering merasa lemas dan mudah kelelahan meski tak banyak melakukan aktivitas fisik. Meski belum ada gejala-gejala lain yang patut dikhawatirkan, tetapi rasa lemas berlebih yang dialami dirasa cukup mengganggu.

Alhasil, Anda pun bertanya kepada teman terkait keluhan tersebut. Dengan lantang, orang tersebut memberikan jawaban bahwa kondisi yang sedang terjadi pada Anda adalah akibat penyakit diabetes.

Namun, apa iya selalu seperti itu?

Kelelahan sering jadi pertanda diabetes

Tidak dimungkiri, menurut dr. Alvin Nursalim Sp,PD dari KlikDokter, lemas dan sering kelelahan merupakan salah satu pertanda dari penyakit diabetes. Biasanya, kondisi tersebut datang bersama gejala lain, seperti berkemih terutama di malam hari, merasa haus meski sudah banyak minum, dan timbulnya keinginan untuk makan berlebih.

“Selain itu, adanya juga keluhan lain berupa kesemutan, gatal pada kulit, mata kabur, dan gatal pada alat kelamin. Kesemuanya dapat menjadi pertanda bahwa Anda mungkin mengalami penyakit diabetes mellitus,” jelas dr. Alvin.

Meski begitu, diagnosis penyakit diabetes sebenarnya tak bisa dinyatakan melalui keluhan-keluhan saja. Butuh pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan gula darah untuk benar-benar memastikan diagnosis.

Lagi pula, faktor risiko diabetes, seperti riwayat keturunan, gaya hidup dan pola makan juga penting untuk dipertimbangkan.

Biasanya, kondisi tersebut datang bersama gejala lain, seperti berkemih terutama di malam hari, merasa haus meski sudah banyak minum, dan timbulnya keinginan untuk makan berlebih.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close