Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seru, Debat Jokowi dan Prabowo Soal Hubungan Internasional

Sabtu, 30 Maret 2019 – 23:10 WIB
Seru, Debat Jokowi dan Prabowo Soal Hubungan Internasional - JPNN.COM
Capres nomor urut 1 Joko Widodo dan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat Debat Kempat Capres 2019, Jakarta, Sabtu (30/2). Foto: Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi dan nomor urut 02, Prabowo Subianto benar-benar menunjukkan performa terbaiknya saat debat keempat Pilpres 2019 membahas Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Dalam debat yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) malam, itu Jokowi dan Prabowo terlihat saling adu argumentasi. Dalam sub tema hubungan internasional, keduanya juga menyinggung pertahanan dan keamanan negara.

BACA JUGA: Ratusan Paramiliter Bakamla Antusias Beraksi di Atas Kapal

Jokowi awalnya menjelaskan Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. "Itulah kekuatan diplomasi kita di dalam forum-forum internasional," kata Jokowi.

Dia mengatakan, Indonesia sekarang ini diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan banyak hal berkaitan konflik dan perang yang ada di negara-negara lain. Jokowi mencontohkan, Indonesia diminta menengahi konflik di Afghanistan. "Kekuatan kita sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia ini bisa kita jadikan sebagai modal besar bagi kita berdiplomasi dengan negara-negara lain," paparnya.

Selain itu, kata Jokowi, kekuatan Indonesia juga bisa dijadikan modal menawarkan produk-produk perdagangan dengan luar negeri.

Prabowo merespons. Menurut dia, diplomasi adalah untuk memajukan kepentingan nasional sebuah negara melalui jalan-jalan perundingan. Hanya saja, lanjut dia, diplomasi tidak bisa hanya dengan menjadi mediator.

"Itu penting tetapi ujungnya diplomasi itu harus merupakan bagian dari upaya mempertahankan kepentingan nasional sebuah negara," katanya.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo alias Jokowi dan nomor urut 02, Prabowo Subianto benar-benar menunjukkan performa terbaiknya saat debat keempat Pilpres 2019 membahas Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close