Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sesuai Perintah KSAD, Sudah 271 Perwira Secapa AD Donor Plasma Darah

Minggu, 20 September 2020 – 20:10 WIB
Sesuai Perintah KSAD, Sudah 271 Perwira Secapa AD Donor Plasma Darah - JPNN.COM
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Antara/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta agar RSPAD Gatot Subroto terus menggelar donor plasma darah atau plasma konvelesen dalam rangka memerangi pandemi COVID-19.

Pasalnya, plasma darah dari pasien yang sempat positif COVID-19 sangat dibutuhkan untuk terapi plasma konvalesen pada pasien yang masih positif COVID-19.

Menyikapi arahahan KSAD tersebut, RSPAD Gatot Subroto kembali mengadakan donor plasma konvalesen. Pelaksanaan donor plasma konvalesen tersebut merupakan gelombong ke 11 dan 12 yang diikuti 30 perwira Secapa AD yang sudah sembuh dari COVID-19.

Dokter Jenie Erawati Muchti, selaku Unit Mutu Transfusi Darah RSPAD, mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada 241 perwira Secapa TNI AD yang mengikuti donor plasma konvalesen.

Dengan adanya tambahan 30 perwira Secapa TNI AD, total hingga saat ini sudah ada 271 perwira Secapa AD yang mendonorkan plasma kovalesen.

Dari kegiatan donor plasma darah yang dilaksanakan RSPAD selama ini, total 700 kantong lebih plasma konvalesen yang berhasil dikumpulkan.

"Yang sudah digunakan sebanyak 568 kantong di 40 Rumah Sakit. 19 Rumah Sakit di Jakarta dan 21 Rumah Sakit di luar Jakarta, dan untuk hari ini stoknya ada 508,” kata Jenie dilansir dari akun YouTube TNI AD yang diunggah, Sabtu (19/9).

Jenie mengatakan, RSPAD akan terus melakukan donor plasma darah dalam rangka memerangi COVID-19 di Indonesia.

loading...