Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setengah Tahun di Antariksa, Tiga Astronaut Tiongkok Sukses Mendarat di Bumi

Senin, 05 Desember 2022 – 21:15 WIB
Setengah Tahun di Antariksa, Tiga Astronaut Tiongkok Sukses Mendarat di Bumi - JPNN.COM
Astronaut Tiongkok komandan misi Shenzhou-14, Chen Dong (duduk), dikeluarkan dari kapsul setelah mendarat di Gurun Gobi, Minggu (4/12) malam. Foto: Xinhua

jpnn.com, BEIJING - Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menunjukkan kedigdayaannya dalam hal penjelajahan antariksa.

Negeri penganut komunisme tidak hanya berhasil mengirimkan astronaut ke angkasa luar, tetapi juga mampu memulangkannya ke Bumi.

Tiga astronaut Tiongkok -Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe- mendarat di Bumi pada Minggu (4/12) malam setelah berada di stasion ruang angkasa Tiangong selama enam bulan.

Kantor berita Xinhua mengabarkan kapsul yang membawa ketiga astronaut itu mendarat di Gurun Gobi, Tiongkok sebelah utara, pada pukul 20.10 waktu setempat.

Para astronaut itu dibawa keluar setelah 40 menit sejak pendaratan kapsul yang membawa mereka. Ketiganya berada dalam kondisi baik dan tampak tersenyum sembari melambaikan tangan mereka.

"Saya sangat beruntung menyaksikan penyelesaian struktur dasar stasiun angkasa luar Tiongkok setelah enam bulan yang sibuk dan memuaskan di antariksa,” ujar Chen Dong yang menjadi komandan dalam misi itu.

Astronaut lainnya, Lio Yang, mengaku ngebet melihat kerabat dan rekan-rekannya. “Seperti meteor, kami kembali ke pelukan ibu pertiwi,” kata astronaut perempuan itu.

Ketiga antariksawan itu merupakan bagian dari misi Shenzhou-14 yang diluncurkan pada Juni lalu. Setelah tiba di Tiangong, Chen Dong dan dua anak buahnya memantau lima pesawat angkasa luar kiriman Tiongkok merapat, termasuk yang membawa bagian ketiga dari tiga modul stasiun.

Tiongkok kian menunjukkan kedigdayaannya dalam hal penjelajahan antariksa dengan mengirim astronaut dan membangun stasiun angkasa luar Tiangong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Viral Longsor

    Jumat, 03 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Viral Longsor - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Masa Depan

    Minggu, 28 April 2024 – 08:53 WIB
    Masa Depan - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai Wong

    Sabtu, 20 April 2024 – 14:24 WIB
    Nilai Wong - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Fokus Tiga

    Minggu, 14 April 2024 – 07:09 WIB
    Fokus Tiga - JPNN.com
X Close