Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SHS Menang 1 Putaran

Rabu, 04 Agustus 2010 – 07:15 WIB
SHS Menang 1 Putaran - JPNN.COM
JAKARTA - Pasangan Sinyo Harry Sarundajang-Djouhari Kansil (SHS-DK) akhirnya memenangkan Pemilukada Provinsi Sulawesi Utara dengan hanya satu putaran saja. SHS-DK memeroleh suara terbanyak 32,89 persen mengungguli tiga pesaingnya, Stevanus Vreeke Runtu-Marlina Moha Siahaan (23,91 persen), Elie E lasut-Henny Wullur (22,31 persen) dan RM. Luntungan-Hamdi Paputungan (20,88 persen).

Demikian hasil hitung cepat (quick count) Lingkaran Survei Indonesia (LSI)  dan Jaringan Komunikasi Indonesia (JKI), anak perusahaan di bawah LSI Grup, Selasa (3/8/2010). ”Berdasarkan quick count kita, pasangan SHS-DK menang satu putaran dari data yang masuk 100 persen. Tentu hasil resmi KPU nanti yang akan mengumumkan,” ujar Direktur Eksekutif JKI-LSI Network Toto Izul Fatah.

Namun, menurut Toto, dari pengalaman LSI melakukan quick count sebanyak 81 kali, hasilnya tak pernah meleset. Jika dibanding perhitungan akhir KPUD, hasil quick count LSI pimpinan Denny J.A. umumnya hanya selisih plus minus 1 persen saja. Misalnya, Pemilukada di Sulsel, Bali, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalsel, Kalteng, Bengkulu, Jambi dan juga beberapa quick count di tingkat kabupaten dan walikota. Bahkan, quick count untuk Pilpres 2004 dan 2009 lalu.

Bagi LSI Denny J.A., kemenangan SHS-DK tak mengejutkan. Sebab, jauh sebelum pemilukada digelar, tepatnya dari tiga kali survei, pasangan incumbent ini sudah jauh mengungguli tiga kandidat lainnya. Dan dari survei terakhir akhir Juli 2010, SHS tetap bertengger di urut pertama dengan persentase dukungan publik 36,1 persen. ”Selama ini tren dukungan kepada SHS selalu konsisten. Bahkan ada kecendrungan meningkat meski tidak terlalu signifikan. Ini karena SHS selain lebih populer, juga lebih disukai,” ungkap Toto.

JAKARTA - Pasangan Sinyo Harry Sarundajang-Djouhari Kansil (SHS-DK) akhirnya memenangkan Pemilukada Provinsi Sulawesi Utara dengan hanya satu putaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA