Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siaga Bersihkan Sampah Hingga Pasca Lebaran

Kamis, 25 Agustus 2011 – 07:25 WIB
Siaga Bersihkan Sampah Hingga Pasca Lebaran - JPNN.COM
JAKARTA - Dinas Kebersihan DKI Jakarta terus menyiagakan petugasnya dalam mengantisipasi sampah yang dihasilkan dari konsumsi masyarakat ibu kota. Terlebih pada saat malam takbiran dan Lebaran. Selama bulan Ramadan, tingkat konsumsi masyarakat mengalami peningkatan.

Secara umum, sampah yang dihasilkan setiap hari di Jakarta mengalami peningkatan sekitar 10 hingga 15 persen. Namun peningkatan jumlah volume sampah itu telah diantisipasi dengan disiagakannya posko kebersihan di lima wilayah. Apalagi sampah yang dihasilkan telah diketahui sumbernya, yakni akibat aktivitas di lingkungan yang marak pedagang kaki lima (PKL) musiman yang khusus menjajakan makanan khas berbuka puasa.

Jenis sampah yang paling dominan adalah batok kelapa muda, plastik, bekas bungkusan kue dan lain sebagainya. Namun, kendati pun volume sampah mengalami peningkatan, Dinas Kebersihan DKI tidak menambah jumlah armada truk sampah.

Jumlah armada yang ada saat ini sendiri dinilai sudah mencukupi. Jumlah truk sampah milik pemerintah dan swasta yang tersedia sekitar 1.100 kendaraan. Kemudian jumlah sumber daya manusia sekitar 4.600 petugas kebersihan. Bila setiap hari volume sampah mencapai 6.500 ton, maka pada bulan puasa diprediksi menjadi 7.150 ton.

JAKARTA - Dinas Kebersihan DKI Jakarta terus menyiagakan petugasnya dalam mengantisipasi sampah yang dihasilkan dari konsumsi masyarakat ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA