Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap-Siap, Sebentar Lagi Internet dan Siaran TV Bakal Lebih Jernih

Jumat, 11 Maret 2022 – 06:53 WIB
Siap-Siap, Sebentar Lagi Internet dan Siaran TV Bakal Lebih Jernih - JPNN.COM
Masyarakat sebentar lagi bakal merasakan internet dan siaran televisi (TV) yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat sebentar lagi bakal merasakan internet dan siaran televisi (TV) yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Hal itu karena program Analog Switch Off (ASO) atau migrasi TV digital dari analog segera dilakukan.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menyatakan migrasi TV digital adalah tuntutan perkembangan global, tetapi bermanfaat kepada masyarakat.

"Kita ketahui, dengan penggunaan siaran TV analog selama ini cukup memakan banyak ruang frekuensi,” ujar Philip dalam Dialog Lintas Bengkulu Pagi Pro 1 RRI Bengkulu, secara virtual dari Bengkulu, Kamis (10/3).

Menurut Philip, dengan beralihnya siaran analog ke digital, maka akan ada penghematan ruang frekuensi yang selama ini digunakan.

Maka, ada ruang terbuka frekuensi yang bisa digunakan untuk pemanfaatan internet secara lebih luas.

"Kalau selama ini di banyak tempat kita juga mengalami internet yang belum stabil, masih timbul tenggelam yang dialami masyarakat. Dengan beralih ke TV digital, maka ada ruang terbuka yang bisa digunakan untuk kepentingan-kepentingan akses internet yang lebih luas,” jelasnya.

Stafsus Philip Gobang juga menjelaskan penggunaan TV digital dapat mendorong pemanfaatannya akses internet secara lebih baik dan stabil. Bahkan, lanjut dia, ruang frekuensi yang ada bisa digunakan dalam jangka panjang untuk konveksi ke teknologi yang lebih tinggi, yakni 5G.

Masyarakat sebentar lagi bakal merasakan internet dan siaran televisi (TV) yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close