Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap-siap yang Mau Mudik Gratis, Pendaftaran Dibuka Hari ini

Jumat, 13 Mei 2016 – 03:55 WIB
Siap-siap yang Mau Mudik Gratis, Pendaftaran Dibuka Hari ini - JPNN.COM
Pendaftaran mudik gratis 2015 di Gedung Kemenhub. Foto Yessy Artada/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan tahun ini kembali menggelar mudik gratis untuk pengendara sepeda motor dengan menggunakan bus. Pendaftaran secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dibuka pada 13 Mei-12 Juni 2016.

Sedangkan pendaftaran offline mulai dibuka pada 16 Mei-12 Juni 2016. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo mengatakan, ada yang berbeda pada pendaftaran offline tahun ini.

"Bila pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat langsung melakukan pendaftaran di Kantor Kementerian Perhubungan, kali ini, Kementerian Perhubungan mendatangi masyarakat dengan membuka booth pendaftaran di beberapa titik keramaian di Kota Jakarta dan sekitarnya," ujar Hemi di Jakarta, Kamis (12/5).

Hemi menjelaskan, pada masa Angkutan Lebaran 2016, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang dengan total anggaran Rp 20 miliar.

Kuota itu dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penumpang. Sedangkan untuk arus balik sebanyak 3.600 sepeda motor dengan 7.200 penumpang.

Adapun program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan bus tahun ini akan melayani sembilan kota tujuan arus mudik. Yakni Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang.

"Untuk arus baliknya, ada tiga kota tujuan yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang," tutur Hemi.

Peserta mudik harus memenuhi beberapa syarat. Seperti sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan laik jalan, STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup dan membawa identitas diri berupa KTP, KK, STNK, dan SIM.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan tahun ini kembali menggelar mudik gratis untuk pengendara sepeda motor dengan menggunakan bus. Pendaftaran secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close