Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapkan Tiga Opsi Penerapan Kurikulum Pencasila

Sabtu, 25 Juni 2011 – 00:56 WIB
Siapkan Tiga Opsi Penerapan Kurikulum Pencasila - JPNN.COM
JAKARTA-- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) sudah menyiapkan beberapa pilihan alternatif yang akan diajukan saat pembahasan kurikulum Pancasila yang akan dimasukkan ke revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sidiknas).  Pembahasan nantinya dilakukan bersama Komisi X DPR.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdiknas, Mansyur Ramli di  Seminar PP PA Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dengan tema Urgensi Revisi UU Sisdiknas, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/6) sore, menyebutkan tiga alternatif itu.

Pertama,  pelajaran pendidikan Kewarganegaraan (PKn) akan lebih ditekankan pada substansi Pancasila. Kedua, menggabungkan mata pelajaran Pancasila dan PKn. "Sebenarnya yang kedua ini hampir sama dengan opsi yang pertama. Hanya saja muatan materinya akan dibedakan," imbuh Mansyur Ramli.

Ketiga, Kemdiknas akan membuat mata pelajaran baru, yakni mata pelajaran Pancasila.  Mansyur menambahkan, dalam penyusunan kurikulum pendidikan Pancasila ini, Kemdiknas juga akan memasukkan Pancasila sebagai materi pokok di dalam Pendidikan Kewarganegaraan.

JAKARTA-- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) sudah menyiapkan beberapa pilihan alternatif yang akan diajukan saat pembahasan kurikulum Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close