Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Signifikansi Manajemen Pendidikan

Oleh Odemus Bei Witono, Direktur Perkumpulan Strada dan Pemerhati Pendidikan

Senin, 27 Februari 2023 – 12:15 WIB
Signifikansi Manajemen Pendidikan - JPNN.COM
Direktur Perkumpulan Strada dan Pemerhati Pendidikan Odemus Bei Witono. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Manajemen merupakan istilah teknis yang berasal dari kata Latin, manus yang berarti tangan.

Tangan secara semiotik dan semantik sebagai tanda sekaligus makna yang berarti cara seseorang dalam mengatur dan mengelola sesuatu dari yang tidak jelas wujudnya menjadi berbentuk sesuatu yang diharapkan.

Organisasi dalam gagasan teori klasik diuraikan ahli seperti Weber, Fayol, Taylor, Mooney, Reilly, Gulick, dan Urwick merupakan aktivitas sistemik yang berlangsung secara formal.

Organisasi dipandang sebagai sistem kegiatan yang terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan di bawah kewenangan, dan kepemimpinan.

Lembaga pendidikan merupakan salah satu bentuk organisasi formal. Dalam organisasi dibutuhkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang utuh dalam menjawab kebutuhan tata kelola lembaga.

Pengurus yayasan atau dinas pendidikan, perlu menyiapkan kader-kader pemimpin di level eksekutif, yang secara organisasional menjadi pelaksana harian yang mengatur jalannya roda organisasi dalam satuan pendidikan.

Sekolah dengan kepemimpinan berkualitas berdampak positif bagi perkembangan lembaga, dan dapat meningkatkan trust, atau rasa percaya pelanggan atau orang tua murid dalam menitipkan anak mereka belajar formal di tempat tersebut.

Dalam realitas, mengelola suatu lembaga atau organisasi bagi banyak orang bukan perkara mudah.

Lembaga pendidikan merupakan salah satu bentuk organisasi formal. Dalam organisasi dibutuhkan AD dan ART yang utuh dalam menjawab kebutuhan tata kelola lembaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close