Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sikap Politik PKB soal Konflik Hamas dengan Israel

Minggu, 15 Oktober 2023 – 17:34 WIB
Sikap Politik PKB soal Konflik Hamas dengan Israel - JPNN.COM
Ketua DPP PKB Faisol Riza. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - DPP Partai Kebangkitan Bangsa mengecam semua bentuk serangan, kekerasan dan kekejaman semua pihak yang mengatasnamakan ajaran agama, termasuk agama Islam.

Hal itu menjadi salah satu poin pernyataan sikap PKB mencermati perkembangan konflik bersenjata antara Hamas dengan Israel.

"Atas nama umat Islam di seluruh dunia yang percaya bahwa Islam lebih mencintai perdamaian daripada peperangan, kemanusiaan adalah nilai-nilai dasar dari rahmatan lil alamin, kami mengecam perang Hamas-Israel sebagai tragedi kemanusiaan yang telah merenggut nyawa ribuan korban warga sipil, penyanderaan terhadap para perempuan dan anak-anak, dan ratusan ribu warga terpaksa mengungsi," tutur Ketua DPP PKB Faisol Riza.

PKB meyakini kaidah agama selalu mengajarkan rasa cinta kasih antarsesama, penghormatan terhadap kelompok lain dan menjaga persaudaraan umat manusia.

"Kekerasan, penyanderaan, pembunuhan, dan bentuk-bentuk kekerasan lainnya yang dilakukan Hamas maupun serangan-serangan yang dilancarkan Isarel ini jauh dari prinsip dasar yang diajarkan Islam," kata Faisol Riza.

PKB mendesak pihak yang terlibat menghentikan peperangan, kekerasan dan kekejaman, serta kembali duduk di meja perundingan untuk membangun dialog yang setara, sehat, demokratis dan transparan.

"Atas nama kemanusiaan, kami meminta Hamas untuk membebaskan seluruh sandera warga sipil terutama para perempuan, anak-anak dan para orang tua serta pada saat yang sama kami meminta Israel untuk membuka akses bantuan kemanusiaan yang datang dari berbagai penjuru dunia," tutur Faisol.

"Kami bersedia menjadi bagian dari proses damai antara Israel-Palestina dan akan mengajak semua bangsa untuk berperan aktif membantu proses perdamaian ini. Kami juga terus mendukung Palestina menjadi negara yang merdeka dan berdaulat," imbuhnya.

PKB juga akan terus meminta Pemerintah Indonesia untuk berperan lebih aktif demi kemerdekaan Palestina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close